Implementing Task-based Language Teaching (TBLT) to improve the speaking skill of the third graders of SMK Negeri 9 Malang / Andrian Suhardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing Task-based Language Teaching (TBLT) to improve the speaking skill of the third graders of SMK Negeri 9 Malang / Andrian Suhardi

Suhardi, Andrian (2015) Implementing Task-based Language Teaching (TBLT) to improve the speaking skill of the third graders of SMK Negeri 9 Malang / Andrian Suhardi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suhardi Andrian. 2015. Implementing Task-Based Language Teaching (TBLT) to Improve the Speaking Skill of the Third Graders of SMK Negeri 9 Malang. Thesis Graduate Program in English Language Teaching Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Fachrurrazy M.A. Ph.D. (II) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd M.Ed. Kata kunci kemampuan berbicara TBLT Berdasarkan pengalamannya dalam mengajar kemampuan berbicara di SMK Negeri 9 Malang dan preliminary study yang dia laksanakan peneliti menemukan bahwa prestasi kemampuan berbicara siswa rendah. Nilai rat-rata kemampuan berbicara siswa di bawah 75 sebagai nilai KKM. Ini terjadi karena siswa tidak diberikan kesempatan yang lebih banyak untuk praktek berbicara dalam pelajaran berbicara di kelas. Untuk menyelesaikan permasalahan ini peneliti mengajukan sebuah strategi dalam pengajaran berbicara yakni Pengajaran Bahasa Berbasis Tugas. Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan bagaimana strategi pengajaran bahasa berbasis tugas ini dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XII SMK Negeri 9 Malang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mana peneliti dibantu oleh seorang kolaborator dalam melaksankan penelitian tersebut. Peneliti bertindak sebagai guru sedangkan kolaborator mengamati dia dalam menerapkan strategi pengajaran bahasa berbasis tugas di kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan prosedur sebagai berikut perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa Pengajaran Bahasa Berbasis Tugas berhasil meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam wawancara kerja.Peningkatan kemampuan berbicara siswa dibuktikan dengan adanya penambahan jumlahsiswa yang mencapai nilai KKM dan penambahan nilai rata-rata kelas dari Siklus I ke Siklus II. Pada Siklus 11dari 25 siswa (44 %) mencapai nilai 75 dengan nilai rat-rata kelas 68.04. Pada Siklus II seluruh 25 siswa (100 %) mencapai nilai 75 dengan nilai rata-rata kelas 79.04. Sedangkan criteria keberhasilan menyatakan bahwa penelitian dianggap berhasil jika semua siswa (100%) mencapai nilai 75. Hal ini berarti criteria keberhasilan telah tercapai. Penelitian telah dilaksanakan dengan sukses. Prosedur pengimplementasian Pengajaran Bahasa Berbasis Tugas dalam pengajaran berbicara adalah sebagai berikut (1) pengetahuan awal siswa diaktifkan dengan member serangkaian pertanyaan dalam kegiatan review (2) siswa diberikan sebuah model dengan cara mempertontonkansebuah video tentang wawancara pekerjaan (3) pikiran siswa diasah dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan video yang disaksikan (4) siswa dibagi menjadi beberapa kelompok (5) siswa diberikan tugas tentang wawancara pekerjaan (6) siswa diperintahkan untuk memilih situasi yang mereka suka (7) siswa diinstruksikan untuk berdiskusi dalam menjawab beberapa pertanyaan di lembar kerja (8) siswa diminta untuk mempresentasikan hasil kerja mereka (9) siswa diminta untuk melatih pengucapan mereka (10) siswa diperintahkan untuk praktek wawancara kerja dan (11) siswa diminta untuk mengkonsultasikan permasalahan bahasa yang mereka peroleh. Akhirnya berdasarkan temuan-temuan penelitian ini maka beberapa saran untuk para guru kepala sekolah dan peneliti mendatang bisa diajukan. Bagi para guru temuan-temuan penelitian ini akan menjadi rujukan penting untuk memperkaya strategi mereka dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Lebih jauh mereka bisa menerapkan strategi tersebut tidak hanya untuk materi latihan wawancara kerja saja namun jugajenis-jenis materi latihan lainnya. Disarankan juga untuk guru mata pelajaran lain untuk menggunakan strategi tersebut karena TBLT sesuai dengan mata pelajaran lain. Bagi kepala sekolah temuan-temuan penelitian ini juga member manfaat baginya untuk membuat kebijakan yang tepat terkait dengan strategi untuk meningkatkan prestasi bahasa Inggris siswa yang merupakan salah satu penilaian untuk akreditasi sekolah. Bagi para peneliti mendatang terutama mereka yang memiliki permasalahan sama dan tertarik untuk melakukan penelitian temuan-temuan penelitian ini juga bisa menjadi rujukan yang tepat untuk melakukan penelitian tindakan kelas dalam pengajaran berbicara dengan level yang berbeda misalnya kelas sepuluh dan sebelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58719

Actions (login required)

View Item View Item