Assessment based on curriculum 2013 in English teaching at Junior High Schools / Siti Salamah Puji Azhariyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Assessment based on curriculum 2013 in English teaching at Junior High Schools / Siti Salamah Puji Azhariyati

Azhariyati, Siti Salamah Puji (2015) Assessment based on curriculum 2013 in English teaching at Junior High Schools / Siti Salamah Puji Azhariyati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azhariyati Siti Salamah Puji. 2015. Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Fachrurrazy M.A. Ph.D. (2) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed. Kata Kunci Penilaian Kurikulum 2013 Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 ke dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris yang sebenarnya di Sekolah Menengah Pertama. Lebih khusus cakupan dari studi ini adalah pengetahuan guru bahasa Inggris pada pelaksanaan penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 bagaimana mereka menerapkannya dan faktor yang mereka hadapi dalam penerapannya. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah tujuh guru dari dua SMP di Wonosobo Kabupaten yang dikategorikan sebagai sekolah yang sangat baik dalam melaksanakan Kurikulum 2013 didasarkan pada penelitian sebelumnya (Rofik 2014). Kedua sekolah telah menerapkan Kurikulum 2013 selama dua tahun dan masih mendapat mandat untuk menerapkannya sebagai sekolah percontohan di tahun akademik 2014/2015. Data dikumpulkan melalui tiga teknik yaitu observasi kelas wawancara mendalam dan studi dokumenter yang dilakukan pada semester pertama tahun akademik 2014/2015. Lalu instrumen adalah lembar observasi pedoman wawancara rekaman audio-video dan dokumen penilaian milik guru. Penelitian ini mengungkapkan temuan dan kesimpulan berikut. Pertama semua subyek penelitian (100%) tahu tentang penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 dengan tidak komprehensif (menyeluruh). Kedua berkenaan dengan pelaksanaan penilaian berdasarkan kurikulum 2013 dalam menilai sikap siswa guru dalam penelitian ini telah mengikuti aturan-aturan penilaian namun dalam menilai pengetahuan dan ketrampilan mereka belum mengikuti aturan-aturan tersebut. Ketiga sejumlah faktor yang mempengaruhi pelaksanaan penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 ditemukan. Faktor-faktor dianggap sebagai hambatan dan menjadi masalah adalah (1) kesulitan dalam membuat indikator penilaian (2) banyak aspek yang harus dinilai dengan menggunakan begitu banyak jenis instrumen (3) keterbatasan waktu untuk melakukan itu dan energi guru untuk menilai semua siswa satu per satu saat mengajar (4) format penilaian yang masih belum tetap dan perubahan yang terjadi di akhir semester (5) guru yang masih tidak mengerti dengan baik tentang apa dan bagaimana penilaian Kurikulum 2013. Selain masalah ada juga beberapa faktor pendukung dalam pelaksanaan penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 yaitu (1) opini positif tentang penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 (2) pemerintah yang memberikan aturan yang lengkap dan bimbingan tentang penilaian dan (3) program komputer untuk membantu guru dalam mengkonversi skor menghitung nilai dan membentuk untuk menjadi nilai raport. Beberapa saran yang diajukan yaitu (1) guru bahasa Inggris seharusnya mempertimbangkan temuan penelitian sebagai sarana refleksi diri dan evaluasi diri (2) manajemen sekolah harus memberikan pelatihan penilaian lebih lanjut untuk guru-guru mereka pelatihan internal (3) para pembuat kebijakan harus memperhatikan aspek harus dinilai teknik dan instrumen dalam menilai kompetensi siswa terutama kompetensi dalam penilaian sikap (4) diharapkan peneliti mendatang dapat melakukan studi identik yang melibatkan lebih banyak guru Bahasa Inggris sebagai subjek atau cakupan yang lebih luas atau studi tentang kebijakan pemerintah terbaru tentang pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58718

Actions (login required)

View Item View Item