Improving students' writing ability in writing recount text through weekly journal and teacher's feedback / Bernadetta Nataliana Dhianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving students' writing ability in writing recount text through weekly journal and teacher's feedback / Bernadetta Nataliana Dhianingsih

Dhianingsih, Bernadetta Nataliana (2015) Improving students' writing ability in writing recount text through weekly journal and teacher's feedback / Bernadetta Nataliana Dhianingsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dhianingsih Bernadetta Nataliana. Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa dalam Menulis Teks Recount melalui Jurnal Mingguan dan Umpan Balik Guru. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing(I). Dr. Arwijati Murdibjono M.Pd Dip.TESL. (II) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Kata kunci kemampuan menulis teks recount jurnal mingguan umpan balik guru Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas VIII SMP 1 Kasihan. Ditemukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis masih kurang. Dalam proses belajar mengajar guru memberikan porsi lebih sedikit dalam kegiatan menulis daripada kemampuan bahasa lainnya. Selain itu kegiatan yang digunakan dalam proses belajar mengajar bersifat monoton. Akibatnya siswa tidak antusias dalam kegiatan menulis dan menjadi mudah bosan. Guru juga mendominasi proses belajar mengajar yang menciptakan situasi belajar pasif. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Penelitian ini menggunakan metode penilitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti yang berkolaborasi dengan salah satu guru bahasa Inggris kelas SMP 1 Kasihan dalam perencanaan penentuan kriteria kesuksesan pelaksanaan mengamati pengamatan dan analisa serta refleksi hasil tindakan. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII A tahun pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini para siswa ditugaskan untuk menulis teks recount dalam bentuk jurnal mingguan yang dikerjakan dua kali seminggu . Jurnal diserahkan pada hari Selasa dan Jumat dan dikembalikan pada siswa pada hari Rabu dan Senin setelah peneliti memberikan umpan balik pada tulisan mereka dalam hal isi organisasi tata bahasa kosa kata dan mekanik. Setelah mengimplementasikan jurnal mingguan dan umpan balik dari guru selama 8 minggu (Siklus 1) hasil menunjukkan bahwa jurnal mingguan jelas dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam bentuk teks recount. Dari hasil pengamatan dapat dilihat bahwa peningkatan kemampuan tersebut disebabkan oleh latihan menulis yang dilakukan secara teratur oleh siswa dan umpan balik guru yang diberikan pada tulisan mereka. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata dalam studi awal yaitu 66 25 dan meningkat menjadi 85 31 . Seluruh siswa meningkat setidaknya 10 poin dari nilai dalam studi awal . Hasil kuisioner tentang respon siswa terhadap pelaksanaan jurnal mingguan dan umpan balik guru menunjukkan bahwa 93 75 % siswa menjadi lebih menyukai pelajaran menulis daripada sebelumnya. Prosedur yang digunakan dalam mengajar teks recount menggunakan jurnal mingguan dan umpan balik guru adalah (1 ) menyajikan dan memberi model menulis jurnal mingguan (2) memilih dan menentukan topik jurnal mingguan (3) meminta siswa untuk menulis jurnal di rumah berdasarkan topik yang diberikan (4) mengumpulkan dan menganalisis jurnal siswa (5) memberikan umpan balik pada jurnal siswa (6) mengembalikan buku jurnal siswa (7) memberikan sesi di kelas untuk membahas kelemahan siswa secara umum (8) memberi kesempatan pada siswa untuk merevisi jurnal mereka berdasarkan umpan balik yang diberikan guru dan (9) memberitahukan topik jurnal berikutnya yang akan dikerjakan oleh siswa. Dengan hasil penelitian ini disarankan kepada para guru untuk menggunakan jurnal mingguan dan umpan balik guru sebagai salah satu tekhnik alternatif untuk meningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Untuk peneliti yang lain disarankan juga untuk menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan dalam mengimplementasikan jurnal untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa untuk konteks lain dan menggunakan jenis jurnal yang lain untuk level siswa yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58717

Actions (login required)

View Item View Item