Increasing the vocabulary of the students of SMP Negeri 4 Tomohon using songs / Elia Toding Bua - Repositori Universitas Negeri Malang

Increasing the vocabulary of the students of SMP Negeri 4 Tomohon using songs / Elia Toding Bua

Bua, Elia Toding (2015) Increasing the vocabulary of the students of SMP Negeri 4 Tomohon using songs / Elia Toding Bua. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bua Elia Toding. 2015. Meningkatkan Kosakata Siswa SMP Negeri 4 Tomohon Menggunakan Lagu-Lagu. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed. (2). Dr. Arwijati Wahyudi Murdibjono M.Pd. Dip. TESL. Kata Kunci Kosakata Lagu-Lagu. Kosakata adalah elemen pokok dalam pembelajaran bahasa karena berkontribusi penting dalam penguasaan keempat keterampilan bahasa. Oleh karena itu kosakata sebagai salah satu komponen bahasa yang harus dikembangkan sejak awal dalam pengajaran bahasa Inggris terutama pada level Sekolah Menengah Pertama (SMP). Akan tetapi banyak guru SMP mengabaikannya. Misalnya guru bahasa Inggris di SMP Negeri 4 Tomohon hanya menaruh perhatian sedikit pada pengajaran kosakata. Sebagaimana ditunjukkan oleh hasil tes kosakata yang dilakukan oleh 42 siswa dari kelas VII-1 pada penelitian pendahulu nilai rata-rata mereka hanya 54.16 dan 38 siswa memperoleh nilai di bawah KKM 75. Ini menunjukkan bahwa masalah ini berkaitan erat dengan kurangnya penguasaan kosakata mereka. Berkaitan dengan hal ini tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kosakata siswa menggunakan lagu-lagu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan empat tahapan yang meliputi perencanaan penerapan pengamatan dan refleksi hasil tindakan. Subjek penelitian ini terdiri dari 42 siswa kelas VII-1 SMP Negeri 4 Tomohon di akhir semester ganjil dan awal semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kosakata catatan lapangan dan kuesioner. Materi pengajaran disesuaikan dengan Silabus Kurikulum 2013 untuk Siklus Pertama dan Silabus Kurikulum 2006 untuk Siklus Ke-dua. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan pemerintah mengenai perubahan kurikulum yang digunakan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus 4 pertemuan untuk Siklus 1 dan 3 pertemuan untuk Siklus 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan lagu dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Bahkan semua siswa mendapatkan nilai sama atau lebih dari 65 dan siswa-siswa yang mendapatkan nilai sama atau lebih dari 65 pada penelitian pendahulu mendapatkan peningkatan nilai minimal sepuluh. Hasil kuesioner tentang respon siswa terhadap implementasi lagu menunjukkan bahwa semua siswa sangat menyukai pengajaran kosakata bahasa Inggris menggunakan lagu. Adapun kriteria yang digunakan dalam pemilihan lagu adalah lagu yang akan digunakan jangan terlalu panjang dan mengandung banyak kosakata yang sulit serta lagu itu harus mendidik dan berdasarkan pada materi yang ada di kurikulum yang berlaku. Langkah-langkah yang digunakan dalam meningkatkan kosakata siswa menggunakan lagu-lagu yaitu (1) memperkenalkan lagu yang akan dipelajari dan siswa akan menerkanya (2) meminta kepada siswa untuk menuliskan kosakata-kosakata yang sulit yang ada pada lagu itu dan mendiskusikannya bersama-sama (3) menyanyikan lagu itu baris demi baris dengan diikuti oleh siswa (4) meminta siswa untuk melengkapi lirik lagu dan meminta mereka untuk menyanyikan lagu itu bersama-sama (5) meminta siswa untuk membuat lagu-lagu mereka sendiri dengan mengikuti nada-nada lagu yang telah mereka pelajari secara berkelompok (6) meminta siswa untuk menyanyikan lagu mereka di depan kelas (7) memberikan hadiah kepada kelompok yang paling antusias dan aktif membuat dan menyanyikan lagu mereka. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada para guru bahasa Inggris untuk menggunakan lagu-lagu dalam rangka meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Juga disarankan bagi peneliti yang lain untuk bisa menggunakan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi dalam melakukan penelitian yang sama pada komponen atau keterampilan bahasa yang sama atau berbeda dengan seting yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58716

Actions (login required)

View Item View Item