A model of reading comprehension of EFL college learners observed from reading self-efficacy, reading attitude and reading frequency across gender / Uning Musthofiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

A model of reading comprehension of EFL college learners observed from reading self-efficacy, reading attitude and reading frequency across gender / Uning Musthofiyah

Musthofiyah, Uning (2015) A model of reading comprehension of EFL college learners observed from reading self-efficacy, reading attitude and reading frequency across gender / Uning Musthofiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Musthofiyah Uning 2015. Model Pemahaman Membaca Para Mahasiswa di Lingkup EFL Melalui Keyakinan diri Sikap dan Frekuensi terhadap Membaca dari Sudut Pandang Perbedaan Gender. Thesis Program Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suharmanto M.Pd (II) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL. M.Pd Keywords Mahasiswa Lingkup EFL Keyakinan Diri Sikap dan Frekuensi terhadap Membaca 12288 12288 12288 12288 Studi ini bertujuan untuk meneliti pola hubungan antara kemampuan membaca Bahasa Inggris dengan sikap keyakinan diri dan frekuensi terhadap membaca para mahasiswa EFL dari sudut perbedaan gender. Oleh sebab itu rumusan masalah dalam tesis ini disusun sebagai berikut (1) Bagaimana hubungan antara kemampuan membaca sikap keyakinan diri dan frekuensi terhadap membaca (2) Bagaimana hubungan tersebut dijelaskan melalui perbedaan gender 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode multi-group path analysis yang mana tidak ada treatment yang digunakan dalam penelitian tersebut. Data diperoleh melalui dua alat 1) Tes Pemahaman Membaca Bahasa Inggris dan 2) Kuesioner. subjek terdiri atas 208 mahasiswa (120 perempuan dan 80 lelaki) dari Kota Malang dan Surabaya. Penulis menggunakan metode convenient sampling (non-probabilitas sampling) dalam pengumpulan data dan telah memenuhi standard kritis ukuran sampling untuk melakukan teknik Path Analysis. Jumlah total parameter adalah 16 yang terdiri atas 8 weight 4 varian 1 mean dan 3 intercept dan telah memenuhi syarat untuk rasio parameter 1 10. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa (1) pola hubungan antara kemampuan membaca bahasa inggris sikap keyakinan diri dan frekuensi membaca menunjukkan bahwa kemampuan membaca Bahasa Inggris dipengaruhi oleh keyakinan diri terhadap aktifitas membaca melalui sikap terhadap dan frekuensi membaca (2) Terdapat perbedaan gender dalam pola hubungan antara frekuensi membaca dengan kemampuan membaca antara sikap membaca dengan keyakinan diri antara keyakinan diri dan kemampuan membaca namun perbedaan gender tidak ditemukan dalam variable sikap dan keyakinan diri terhadap membaca (3) Berdasarkan pola hubungan dari beberapa faktor afektif tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca dipengaruhi oleh keyakinan diri terhadap membaca sikap terhadap membaca dan frekuensi membaca dengan total kontribusi 64.4% untuk mahasiswa dan 60 5% untuk mahasiswi (4) Total kontribusi untuk mahasiswa sekitar 64 4% yang terdiri atas 39 4% untuk keyakinan diri 21 9% untuk sikap terhadap membaca dan 3.1% untuk frekuensi membaca (5) Total kontribusi untuk mahasiswi sekitar 60 5% terdiri atas 31.9% untuk keyakinan diri 23.8% untuk sikap terhadap membaca dan 4.8% untuk frekuensi membaca. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) pola hubungan antara kemampuan membaca sikap membaca keyakinan diri terhadap membaca dan frekuensi membaca bisa dijadikan sebagai modal dasar untuk mengetahui arah pembelajaran siswa terhadap kemampuan membaca bahasa inggris dalam lingkup EFL. (2) diantara beberapa variabel yang terkait keyakinan diri terhadap membaca merupakan variable paling dominan dengan nilai kontribusi sekitar 39.4% untuk mahasiswa dan 31.9% untuk mahasiswi (3) Keberhasilan dalam kemampuan membaca bahasa inggris dapat dipicu dari keyakinan diri sikap dan frekuensi terhadap membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58715

Actions (login required)

View Item View Item