The speech acts of thanking used by EFL learners / Novriska Adini - Repositori Universitas Negeri Malang

The speech acts of thanking used by EFL learners / Novriska Adini

Adini, Novriska (2015) The speech acts of thanking used by EFL learners / Novriska Adini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adini Novriska. 20014. Tindak Tutur Berterima Kasih yang Digunakan Oleh Peserta Didik Bahasa Inggris. Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Yazid Bustomi M.A. (II) Dr. Emalia Irigiliati M.Pd Kata kunci speech acts gratitude thanking DCT Penelitian pada bahasa ke dua dan bahasa asing telah menarik perhatian lebih dan lebih ke pragmatik dalam dua dekade terakhir (Cheng 2010 257). Salah satu bagian yang paling mendasar dari pragmatik adalah tindak tutur yang didefinisikan oleh Austin (1962 100) sebagai tindakan yang dilakukan dalam mengatakan sesuatu (seperti dikutip dalam Cutting 2002 224). Salah satu tindak tutur yang paling umum digunakan dalam interaksi sehari-hari adalah berterima kasih. Penelitian ini memfokuskan pada tindak tutur berterima kasih yang digunakan oleh peserta didik bahasa inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peserta didik bahasa asing mengungkapkan tindak tutur berterima kasih dari dalam bahasa Inggris dan apa masalah yang mereka hadapi dalam mengekspresikannya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari 50 mahasiswa pascasarjana jurusan bahasa Inggris di Universitas Negeri Malang dengan menggunakan survei demografi Wacana Penyelesaian Test (DCT) dan permainan peran. Data dianalisis dan dikelompokkan sesuai dengan enam jenis strategi untuk berterima kasih (Jung 1994 Farnia dan Suleman (2009) Cheng 2010). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek dapat menggunakan tindak tutur berterima kasih. Elaborated thanking adalah strategi yang paling disukai untuk diterapkan oleh peserta didik bahasa inggris. Hal ini dapat dilihat dari jumlah total yang dicapai lebih dari 50%. Subyek cenderung meminta maaf setelah dan sebelum mengucapkan terima kasih. Hirarki sosial juga berperan besar dalam mengekspresikan terima kasih. Menjadi sangat sopan dalam berterima kasih tentu saja hanya akan terjadi ketika subjek berbicara dengan orang yang dihormati. Ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan berdasarkan temuan dan diskusi untuk kemajuan kualitas tindak tutur berterima kasih dari yang digunakan oleh peserta didik bahasa inggris. Pertama para pengembang kurikulum dan silabus dapat meningkatkan materi pembelajaran dengan cara yang akan membantu mengekspose pelajar bahasa asing ke target otentik dalam kelas. Kedua guru harus mengajarkan siswa bagaimana untuk mengucapkan terima kasih dengan benar kapan harus mengucapkan terima kasih dan apa pentingnya mengucapkan terima kasih. Saran terakhir guru harus memberikan contoh yang nyata kepada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58712

Actions (login required)

View Item View Item