Penerapan model cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Ngaglik 03 Srengat Kabupaten Blitar / Elok Nikmathu Rhomah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Ngaglik 03 Srengat Kabupaten Blitar / Elok Nikmathu Rhomah

Rhomah, Elok Nikmathu (2015) Penerapan model cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Ngaglik 03 Srengat Kabupaten Blitar / Elok Nikmathu Rhomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rhohmah Elok Nikmathu. 2015. Penerapan Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Ngaglik 03 Srengat Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah (KSDP) Prodi S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suminah S. Pd M. Pd (II) Dra. Yuliwidiarti S. Pd. Kata Kunci hasil belajar model cooperative script ips 12288 12288 12288 12288 Permasalahan yang ditemukan dalam observasi yang dilakukan pada tanggal 28 November 2015 di SDN Ngaglik 03 Srengat Kabupaten Blitar adalah hasil belajar IPS siswa kelas V masih tergolong rendah terbukti dari 10 siswa hanya 3 siswa yang nilainya mencapai KKM dengan demikian tingkat keberhasilan belajarnya hanya 30% dari jumlah keseluruhan. Hal ini disebabkan oleh cara mengajar guru yang sering mendominasi kelas dan monoton serta kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Cooperative Script pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Ngaglik 03 Srengat Kabupaten Blitar dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Cooperative Script. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian dilaksanakan secara bersiklus yaitu dimulai dari perencanaan tindakan observasi dan terakhir refleksi. Siklus ini berulang sebanyak 2 kali. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Instrument penelitian yang digunakan adalah RPP lembar observasi aktivitas guru dan siswa lembar observasi sikap dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari data siklus I nilai rata-rata keaktifan siswa hanya 69 2 dan pada siklus II meningkat menjadi 81 65. Sementara itu hasil belajar siswa pada siklus I hanya ada 5 dari 10 siswa yang nilainya mencapai KKM dengan rata-rata kelas 70 45 dan presentase ketuntasan klasikalnya 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 10 siswa yang nilainya mencapai KKM dengan rata-rata kelas mencapai 83 3 dan presentase ketuntasan klasikalnya 100%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan melalui penerapan model Cooperative Script hasil belajar IPS siswa kelas V SDN ngaglik 03 Srengat Kabupaten Blitar dapat meningkat. Disarankan pada guru untuk menerapkan model pembelajaran Cooperative Script dalam pembelajaran IPS SD karena model pembelajaran ini selain dapat meningkatkan hasil belajar juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Di samping itu melalui penerapan model tersebut pembelajaran mejadi lebih bervariasi sehingga siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5871

Actions (login required)

View Item View Item