Code switching in ESP classroom conversation: a focus on lecturer-students interaction at the university level / Inni Ayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Code switching in ESP classroom conversation: a focus on lecturer-students interaction at the university level / Inni Ayati

Ayati, Inni (2015) Code switching in ESP classroom conversation: a focus on lecturer-students interaction at the university level / Inni Ayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ayati Inni. 2015. Code Switching in ESP Classroom Conversation A Focus on Lecturer-Students Interaction at the University Level. Pendidikan Bahasa Inggris Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. (II) Dr. Emalia Iragiliati M.Pd. Kata kunci code switching (alih kode) interaksi di lingkungan Universitas interaksi antara dosen dan siswa. Alih Kode adalah fenomena umum yang sering terjadi di lingkup pengguna banyak bahasa tidak terkecuali di ruang lingkup kelas. Ada beberapa tipe dan fungsi dari alih kode yang sering digunakan oleh dosen dan siswa di dalam interaksi kelas. Ada dua klasifikasi besar dari alih kode formal dan theoretical. Bloom and Gumperz (1997) menyatakan bahwa alih kode theoretical terbagi atas alih kode situational dan metaphorical. Hoffman (1991) membahas bahwa alih kode formal terdiri dari melibatkan perubahan dari pronunciation alih kode inter-sentential intra-sentential dan emblematic. Penelitian ini berfokus pada mencari tahu tipe-tipe situasi keterlibatan dan fungsi dari alih kode dalam interaksi antara dosen dan siswa di kelas ESP. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data pokoknya adalah romat tertulis atau transkrip dari ujaran atau percakapan saat berkomunikasi di dalam kelas. Dalam penelitian ini tipe-tipe alih kode dianalisa berdasarkan teori Bloom and Gumperz (1997) dan Hoffman (1991). Untuk menganalisa fungsi dari alih kode tersebut eori yang digunakan adalah yang dikemukakan oleh Mattson dan Burenhult (1999) Eldridge (1996) dan Yletyinen (2004). Peneliti mengumpulkan data dari tipe-tipe dan fungsi beserta situasi di mana alih kode muncul selama proses belajar mengajar berlangsung. Dari data tersebut tipe alih kode formal yang sering muncul adalah inter-sentential (60%) dan intra-sentential (20%) dan yang terakhir adalah involving a change of pronunciation (20%) dan alih kode emblematic yang digunakan oleh siswa pada pertemuan kedua. Untuk alih kode theoretical peneliti menemukan bahwa siswa-siswa tersebut menggunakan alih kode situational dan metaphorical. Pada umumnya alih kode terjadi pada saat whilst teaching di mana para siswa ingin menkonfirmasi menjelaskan menanyakan dan menjawab hal-hal mengenai topik pembelajaran. Untuk fungsi dari alih kode itu sendiri para siswa menggunakannya untuk interaksi yang tidak berkaitan dengan pelajaran menunjukkan emosi mengulang dan memperjelas dan meluruskan kesalah pahaman. Dari dosen sendiri alih kode yang paling sering digunakan adalah inter-sentential (58%) diikuti intra-sentential (30%) dan yang terakhir adalah emblematic (12%). Untul alih kode theoretical seperti halnya siswa dosen juga menggunakan alih kode metaphorical lebih banyak daripada alih kode situational Dosen juga lebih banyak melakukan alih kode pada whilst teaching session. Ada beberapa fungsi dari penggunaan alih kode bagi dosen penjelasan klarifikasi menarik perhatian siswa interaksi di luar topik dan perpindahan dari satu pelajaran ke pelajaran lainnya. Pengamatan alih kode dalam penelitian ini terkait tipe-tipe fungsi dan situasi di mana alih kode tersebut digunakan di dalam percakapan di kelas. Penggunaan alih kode oleh para siswa dan dosen menunjukan bahwa ada kaitan antara tipe fungsi dan situasi pada saat memeraka menggunakan alih kode. Akan tetapi lingkup penelitian ini terbatas pada tempat pengambilan data yaitu jurusan Ilmu Kesehatan. Oleh karena itu penelitian ini masih membutuhkan banyak improvement dari Linguistic students yang mana bias melakukan penelitian mengenai alih kode dan efek yang diberikan olehnya pada aspek-aspek pembelajaran yang lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58709

Actions (login required)

View Item View Item