Developing supplementary reading materials for extensive reading in vocational high school / Mohammad Errik Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing supplementary reading materials for extensive reading in vocational high school / Mohammad Errik Maulana

Maulana, Mohammad Errik (2015) Developing supplementary reading materials for extensive reading in vocational high school / Mohammad Errik Maulana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maulana Mohammad Errik. 2015. Mengembangkan Suplemen Materi Bacaan untuk Bacaan Ekstensif di Sekolah Menengah Kejuruan. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. (II) Drs. Fachrurrazy M.A. Ph.D. Kata kunci suplemen materi bacaan bacaan ekstensif sekolah menengah kejuruan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengmbangkan suplemen materi bacaan untuk siswa kelas sepuluh SMKN 1 Pagerwojo Tulungagung. Berdasar pengamatan tidak ada materi bacaan Bahasa Inggris di perpustakaan sekolah. Sebagai tambahan guru-guru biasanya menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk kegiatan bacaan intensif. Kegiatan ini jauh dari cukup untuk memperoleh manfaat maksimal dari membaca. Selain itu para siswa sekolah menengah kejuruan mempunyai karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu produk dari penelitian ini diharapkan untuk mengatasi masalah-masalah dengan menyediakan interaktif dan materi yang sesuai dengan minat para siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan adaptasi penelitian dan pengembangan (R D) dari desain pengajaran sistematik oleh Dick and Carey (2001) di dalam model ini prosedurnya terdiri dari enam langkah analisis kebutuhan mengembangkan materi bacaan validasi ahli revisi pertama uji coba dan revisi kedua. Materinya meliputi empat unit terdiri dari topik yang berbeda tiap unitnya. Tiap unit terdiri dari dua teks (kecuali unit 1) yang terdiri dari tiga latihan terkait dengan teks sebelum membaca teks ketika membaca teks dan setelah membaca teks. Tiap teks disertai dengan daftar kata-kata dan idiom-idiom untuk membantu para siswa mengerti arti dari perbendaharaan kata. 12288 12288 12288 12288 Berikutnya produk ini memenuhi tiga kriteria ideal kebutuhan para siswa kebutuhan sekolah dan ketepatan produk sebagai alat untuk belajar mandiri dalam membaca terutama untuk meningkatkan motivasi membaca para siswa. Kriteria pertama untuk memastikan produk tersebut dikembangkan berdasarkan kebutuhan para siswa. Oleh karena itu data yang terkumpul dari analisa kebutuhan yang dilaksanakan sebagai asumsi dasar bahwa produk dapat mengatasi masalah yang ada. Masalah ini muncul karena tidak adanya materi Bahasa Inggris di perpustakaan. Kriteria kedua kebutuhan sekolah bahwa tidak ada materi bacaan Bahasa Inggris. Kriteria ketiga adalah ketepatan produk. Berkaitan dengan motivasi para siswa produk ini disajikan dalam bentuk berbasis kertas (buku) dan bukan kertas (piranti lunak). 12288 12288 12288 12288 Sebagai tambahan hasil dari uji coba menunjukkan bahwa para siswa antusias dan mengapresiasi produk ini. Mereka tertarik membaca buku suplemen materi bacaan ini yang terdiri dari kata-kata dan idiom-idiom yang terkait dengan bidang mereka. Ini berarti bahwa suplemen materi bacaan ini dapat meningkatkan motivasi para siswa dalam belajar Bahasa Inggris. 12288 12288 12288 12288 Akhirnya penggunaan suplemen materi bacaan ini diharapkan mengatasi kekurangan masukan bacaan untuk para siswa sekolah menengah kejuruan. Terakhir disarankan untuk peneliti-peneliti berikutnya untuk melakukan penelitian yang sejenis untuk subyek yang berbeda tingkatnya. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58708

Actions (login required)

View Item View Item