Hariro, Khoiriyatul (2015) The effect of a process approach using report writing frame students' writing achievement / Khoiriyatul Hariro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hariro Khoiriyatul. Dampak dari Pendekatan Proses Menggunakan Report Writing Frame terhadap Prestasi Menulis Siswa. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd (2) Dr. Enny Irawati M.Pd. Kata kunci report writing frame pendekatan prosess hasil menulis siswa 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Tahap perencanaan dalam proses menulis adalah tahap yang penting karena merupakan tahapan dasar di mana siswa membuat rencana terkait dengan apa yang akan mereka tulis. Report Writing Frame salah satu jenis dari Graphic Organizer adalah strategi yang dapat digunakan dalam tahap perencanaan dalam proses menulis untuk membantu para penulis untuk dalam mengeneralisasi ide mereka dan untuk menulis teks atau esei menjadi lebih terorganisir dan sistematis. Selain itu Report Writing Frame juga merupakan alat untuk membuat penulis melihat pemikiran atau ide-ide mereka dengan mudah dalam format visual. Oleh karena itu penulis dapat dengan mudah melihat apa yang harus diperbaiki apa yang harus ditambah atau dikurangiuntuk membuat produk tulisan yang baik . Ini membantu penulis untuk menguraikan isi dari apa yang akan mereka tampilkan dalam bentuk tulisan . 12288 12288 12288 12288 Desain penelitian ini adalah desain kuasi - eksperimental. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pendekatan proses menggunakan Report Writing Frame terhadap prestasi menulis siswa. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester ketiga dari kelas Academic Writing di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya Malang. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data adalah tes menulis pretest dan posttest. Pretest digunakan untuk mengukur kovariat yang mungkin berbeda. Posttest diberikan dalam pertemuan terakhir pada masing-masing kelompok baik kelompok eksperimental maupun kelompok kontrol. 12288 12288 12288 12288 Hasil uji t-test menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi menulis siswa antara siswa yang diajar menggunakan Report Writing Frame dan siswa yang diajar tanpa menggunakan Report Writing Frame (menulis bebas). Hal ini karena hasil menunjukkan bahwa nilai P adalah 0 000 dan kurang dari 05. Nilai P yang lebih kecil ini menunjukkan bukti kuat untuk menolak Ho. Ini berarti bahwa Report Writing Frame memiliki pengaruh positif terhadap prestasi menulis siswa. Hasil menunjukkan bahwa perlakuan itu efektif untuk membuat perbedaan penting antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. 12288 12288 12288 12288 Dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar menggunakan Report Writing Frame memiliki prestasi menulis lebih baik daripada siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Report Writing Frame. Selain itu dari lima kategori atau aspek yang dinilai organisasi isi tata bahasa kosa kata dan mekanik menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan Report Writing Frame mengalami perbaikan yang lebih signifikan dalam hal organisasi isi dan kosa kata. Oleh karena itu peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mengadaptasi teknik atau strategi ini dalam pengajaran menulis Information Report teks kepada mahasiswa agar juga dapat meningkatkan dua aspek yang masih rendah (tata bahasa dan mekanik) secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |