Ismail, Achmad Isa (2015) Improving speaking ability of the eleventh graders of SMAN 12 Surabaya through a small group discussion strategy / Achmad Isa Ismail. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Isa Ismail Achmad. 2014. MeningkatkanKemampuanBerbicaraKelasSebelasSMAN 12 Surabaya melaluiStrategi Small Group Discussion. Tesis. Program PascasarjanaPendidikanBahasaInggris UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd M.Ed. (II) Dr. Sri Rachmajanti M.Pd Dip.TESL. Kata kunci kemampuanberbicara strategi small group discussion. Berdasarkanhasilpenelitianawalyang dilakukanpeneliti di kelas XI SMAN 12 Surabaya menunjukkanbahwaskor rata-rata siswaadalah 52 untukkemampuanberbahasaInggris.NilaitersebutjauhdariKriteriaKetuntasan Minimal (KKM) di SMAN 12 Surabaya yaitu75.Berdasarkankondisitersebut penilitianinidilakukanuntukmeningkatkankemampuanberbicarasiswamelaluipenggunakanstategi small group discussion. Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas yang dilakukansecarakolaboratifdengansesama guru bahasaInggrisdalammelaksanakanprosedursikluspenelitian perencanaan pelaksanaan observasi danrefleksipadatindakankelas. Penelitianinidilakukandalamsiklus yang meliputiempatpertemuan.Melaluipelaksanaantindakan siswaseharusnyamencapaikriteriakeberhasilan yang ditetapkan yaitu (1) siswadikelasakandibagimenjaditigakelompok kemampuanrendah menengah dantinggiberdasarkanhasilpenelitianawal. Setiapkelompokakanmemilikikriteria yang berbeda-beda. Kelompok yang rendahadalah 65 kelompokmenengahadalah 75 dankelompokatasadalah 85 (2) paling sedikit 90% ataulebihsiswasecaraaktifterlibatdalam proses pembelajaran dan (3) setidaknya 90% ataulebihsiswameresponpositifselamapelaksanaandiskusikelompokkecil di kelas. Data dikumpulkanmelaluitesberbicara checklist pengamatan satu set kuesioner dancatatanlapangan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa small group discussion strategidapatmeningkatkankemampuanberbicaramelaluiprosedurberikut (1) Memberikanbeberapagambar (2) pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkansiswamenyebutkantampilankarakteristikfisikdarigambar (3) Pengelompokankelasdalamkelompokkecil yang terdiridari 4-5 siswadanmenjelaskanprosedur strategy (4) Memberikangambarkepadasetiapkelompokdanmemintauntukmendiskripsikannya (5) memintamasing-masinganggotakelompokuntukaktifmenjelaskangambar (6)memonitordanmemberikanbantuanselamapelaksanaandiskusikelompok (7) Mengajukanuntukmelaporkanhasildiskusi di depankelasdanmemintakelompok lain untukmenebaknya (Guessing Game) (8) memberikanpenghargaankepadapemenang (9) memberikanumpanbalikpadaperformasiswa. Hasilpenilitianjugamenunjukkanbahwapenggunaanstrategismall group discussion berhasildalammeningkatkankemampuanberbicarasiswakarenaada 100% darimasing-masingkelompok (rendah menengah danatas) siswamencapaikriteriakeberhasilan (Appendix 8). Selainitu parasiswasecaraaktifterlibatselama proses pengajarantelahdicapai karenaketerlibatansiswamencapaiangka 100% (Appendix 9). Selainitu lebihdari 98% darisiswamemilikisikap yang positifterhadappelaksanaanstrategiini (Appendix 10). Denganmengacupadahasilpenelitian saran ditujukanuntuk guru bahasaInggrismenerapkanstrategi small group discussion didalamkelasnyakhususnyadalampembelajaranberbicarabahasaInggris. Yang terakhir peneliti yang akandatangdisarankanuntukmelaksanakanpenelitian yang serupapadakemampuanberbahasa yang samaatauberbedatetapidengansetingdandesain yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58705 |
Actions (login required)
View Item |