Using team interview to improve the speaking skills of Non-english Department at UIN Malang / Choirul Rozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Using team interview to improve the speaking skills of Non-english Department at UIN Malang / Choirul Rozi

Rozi, Choirul (2015) Using team interview to improve the speaking skills of Non-english Department at UIN Malang / Choirul Rozi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan team interview sebagai strategy pengajaran untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran berbicara recount teks. Permasalahannya adalah siswa mendapat kesulitan dalam memahami dan merespon percakapan kesulitan tata bahasa permasalahan dalam kelancaran dan isi pembicaraan dan mereka juga memiliki motivasi yang rendah dalam belajar. Oleh karena itu peneliti mengajukan penggunaan teknik pengajaran team interview sebagai solusi yang efektif untuk memecahkan segala permasalahan ini. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara kolaboratif. Kolaborasi dilaksanakan bersama dengan pengamat pada siswa jurusan Perbankan Islam Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Malang. Kolaborasi yang dilakukan meliputi proses menyusun rencana pembelajaran menentukan kriteria kesuksesan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan implementasi penggumpulan data dan analisis data. Subjek penelitian adalah 19 siswa kelas B semester tiga Jurusan Perbankan Islam Fakultas Ekonomi tahun akademik 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner lembar observasi catatan lapangan dan tugas menulis. 12288 12288 12288 12288 Tehnik team interview diimplementasikan dalam dua putaran masing-masing 2 pertemuan untuk putran pertama dan ke dua. Pendekatan cooperative learning melaui team interview yang terangkai dalam setiap putaran penelitian mencakup 4 langkah yang terdiri dari dua tahap peer interview Roundrobin dan team interview. Berddasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa penerapan team interview sebagai strategi dalam pembelajaran akan efektif jika peran guru sebagai fasilitator yang memberikan bimbingan dan dukungan pada semua tahap dilaksanakan dengan baik untuk menghindari tingkah laku siswa yang kurang terkontrol pada saat pelaksanaan aktivitas belajar. Selain itu pengajar juga harus memberikan tugas tambahan dimana siswa dapat berlatih menggunakan past tenses sebelum melaksanakan team interview. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan team interview sebagai teknik pengajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara teks recount jauh lebih baik dibandingkan ketika mereka diajarkan dengan menggunakan instruksi lainnya. Terdapat 18 dari 19 siswa telah lulus berdasarkan skor 70 sebagai nilai standar. Dalam kaitannya dengan partisipasi siswa dalam kegiatan menulis dikelas terdapat peningkatan dari 81% di putaran pertama ke 87.5% di putaran kedua. Berkenaan dengan hasil kuisioner tentang respon siswa terhadap implementasi teknik team interview 89.4.% siswa setuju bahwa teknik team interview telah membantu mereka untuk menemukan dan mengorganisasikan ide ketika berbicara 73.5% dari siswa menuturkan bahwa team interview membantu mereka dalam berbicara lebih lancar 84 1% siswa setuju bahwa team interview mambantu dalam memahami dan merespon percakapan. 89 3% siswa mengaku bahwa merasa termotivasi dan 84 1% dari mereka menunjukkan ketertarikan dalam mengikuti aktifitas belajar mengajar. 12288 12288 12288 12288 Dengan hasil penelitian ini disarankan bagi para guru bahasa untuk menggunakan team interview sebagai teknik pengajaran yang efektif untuk menyelesaikan permasalahan di kelas khususnya yang terkait dengan pemebelajaran berbicara. Khusus untuk pengajar bahasa Inggris UIN Malang terkait dengan kelemahan dari penelitian ini dimana masih terdapat satu orang siswa yang masih belum mampu untuk lulus berdasarkan nilai standar pengajar tersebut harus menggunakan strategi lain untuk memperbaiki kemampuan berbicara siswa tersebut. Selanjutnya bagi para peneliti disarankan menggunakan hasil penelitian ini sebagai sebuah acuan dalam melaksanakan penelitian yang terkait dengan penggunakan teknik team interview untuk level siswa yang berbeda dan keahlian berbahasa yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58704

Actions (login required)

View Item View Item