Darmawan, Achmad Anang (2015) Utilizing The Audiovisual Media (TAM) to enhance listening ability of the VIII graders of SMP Al Hikmah Surabaya / Achmad Anang Darmawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anang Darmawan Achmad 2014. Menggunakan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak di Kelas Delapan Smp Al Hikmah Surabaya.Thesis. Program Pasca Sarjana Pengajaran Bahasa Inggris. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Rachmajanti M.Pd. Dip.TESL. (II) Dr. Yazid Basthomi S.Pd M. A Kata Kunci teks naratif kemampuan menyimak materi audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak terhadap siswa kelas 8 SMP Al Hikmah Surabaya. Berdasarkan pada hasil tes awal ditemukan bahwa Bahwasannya sebelum strategi ini diaplikasikan nilai rata-rat siswa adalah Oleh karena itu peneliti memformulasikan materi atau media audiovisual dalam pembelajaran menyimak dalam hal ini peneliti menggunakan gambar serta video yang diberikan kepada siswa tidak hanya suara dari rekaman materi menytimak tentang teks naratif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi dengan teman sesame pengajar bahasa Inggris. Subjek penelitian adalah 30 orang siswa kelas 8C pada semester kedua tahun akademis 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dengan melalui tahapan perencanaan penerapan pengamatan dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan dalam siklus yang memiliki tiga pertemuan untuk menerapan strategi ini dan pertemuan terakhir untuk refleksi dan test. Diharapkan siswa mampu mencapai kriteria kesuksesan seperti (1) 80% siswa 8C SMP Al Hikmah secara aktif terlibat dan merespon positif selama penerapan materi audiovisual dalam kelas menyimak serta mereka termotivasi selama pembelajaran (2) Nilai rata-rata siswa kelas 8C SMP Al Hiknah Surabaya dalam test menyimak dapat meningkat dan termasuk dalam kategori sangat baik (lihat Table 3.7). Data diambil melaui lembar pobservasi catatan di lapangan kuisioner serta test menyimak. Dalam temuan menunjukkan bahwa TAM mampu meningkatkan kemampuan menyimak siswa melalui prosedur sebagai berikut (1) Guru menyampaikan kepada siswa tentang materi yang akan diperdengarkan (2) Guru membangkitkan pengetahuan siswa tentang cerita yang akan diputarkan (3) Guru menunjukkan beberapa gambar terkait dengan cerita naratif tersebut terutama terkait dengan karakter dalam cerita (4) Guru mengarahkan siswa untuk mencari tahu kosakata yang bias didapatkan dari gambar tersebut yang terkait dengan cerita (5) Guru meminta siswa untuk mencatat hal-hal penting yang terkait dengan cerita (6) Guru memutarkan video cereita naratif (7) Guru meminta siswa untuk menanyakan sesustu yang terkait dengan informasi awal cerita tersebut jika mereka kurang paham terhadap cerita tersebut (8) Guru menanyakan informasi rinci dari dalam cerita tersebut (9) Guru membahas jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan ke siswa. Ditambah lagi siswa-siswa terlbat aktif selama proses pembelajaran (lihat appendix 11). Selain itu sebagian besar siswa memiliki respon dan persepsi positif terhadap implementasi TAM. Hasil penelitian ini dapat berguna bagi guru bahasa Inggris yang lainnya khususnya mereka yang memiliki masalah yang sama seperti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat memperkaya teknik pengajaran yang bias diaplikasikan di kelas. Untuk kepala sekolah hasil penelitian ini dapat memberi kontribusi terhadap pengembangan sekolah dalam hal proses pengajaran dan pembelajaran serta pendidikan secera menyeluruh. Akhirnya untuk peneliti lainnya hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi tenatang implementasi TAM khususnya dalam pengajaran menyimak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |