Developing multimedia-based speaking Self-Instructional Material (SIM) / Utami Ratna Swari - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing multimedia-based speaking Self-Instructional Material (SIM) / Utami Ratna Swari

Swari, Utami Ratna (2015) Developing multimedia-based speaking Self-Instructional Material (SIM) / Utami Ratna Swari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Swari Utami Ratna. 2014 Pengembangan Materi Multimedia Instruksional Mandiri untuk Speaking.Tesis. Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed. (II) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. Kata kunci multimedia speaking materi instruksional mandiri Speaking pada umumnya dianggap sebagai salah satu syarat dalam pembelajaran bahasa. Tetapi banyak penelitian membuktikan bahwa siswa mengalami banyak kesulitan dalam pembelajaran speaking ini. Kesulitan yang sama juga dialami oleh siswa Bahasa Inggris di UIN Maliki Malang yang mengambil mata kuliah Speaking2. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi multimedia instruksional mandiri untuk mata kuliah speaking siswa Bahasa Inggris yang mengambil mata kuliah Speaking 2 di UIN Maliki Malang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan. Adapun langkah yang diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall (1983) meliputi (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk (3) validasi yang terdiri dari validasi ahli dan validasi pengguna dan (4) pengembangan produk akhir. Dua macam instrumen digunakan dalam analisis kebutuhan meliputi observasi dan angket. Observasi digunakan untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan siswa dalam speaking. Sedangkan angket digunakan untuk mengetahui kemampuan komputer siswa minat siswa kebiasaan siswa dalam belajar speaking permasalahan siswa dalam belajar speaking dan topik dan bentuk yang disukai siswa. Produk dikembangkan dalam bentuk aplikasi flash (exe). Produk ini terdiri dari 4 menu pilihan meliputi Let s Speak Tutorial About and Quit. Let s Speak merupakan materi speaking bagi siswa yang terdiri dari 4 unit opinion warning complaint dan suggestion. Tiap unit mengadaptasi pendekatan komunikatif yang terdiri dari pre-speaking while-speaking dan post-speaking. Pre-speaking adalah aktivitas sebelum speaking yang meliputi deskripsi tujuan dari unit tersebut dan pembentukan schemata dalam bentuk expression focus dan vocabulary focus. While-speaking adalah aktivitas speaking. Dalam tahap ini siswa diberikan video dan latihan. Post-speaking adalah aktivitas setelah speaking yang meliputi more from the video cultural side self-reflection dan quote-reflection. Menu Tutorial berisi panduan untuk menjalankan produk. About memberikan gambaran yang berkaitan dengan produk. Menu terakhir adalah Quit yang bertujuan untuk mengakhiri produk. Produk ini divalidasi oleh 3 ahli praktisi ahli materi dan ahli media. Praktisi adalah pengajar yang mengetahui karakter siswa. Ahli materi adalah dosen pengajar yang telah berpengalaman dalam pengembangan materi dan silabus. Dan ahli media adalah seorang lulusan IT yang telah memiliki banyak pengalaman dalam dunia pemrograman dan layanan web. Setelah merevisi tahapan kedua validasi yakni uji coba pengguna dilaksanakan dalam bentuk uji coba pada 28 siswa Speaking 2 di UIN Maliki Malang. Selama proses ini dilakukan para siswa tampak antusias dalam mengoperasikan produk. Lalu angket diberikan kepada mereka untuk mengetahui pendapat mereka terhadap produk yang telah mereka uji. Siswa diminta untuk menilai produk ini dari tiga komponen yaitu materi presentasi masing-masing komponen media dan tujuan dari produk. Berdasarkan hasil validasi pengguna para siswa mampu mengoperasikan produk ini secara mandiri dan telah memenuhi kebutuhan siswa. Produk akhir dalam penelitian ini berupa CD-ROM yang berisi materi instruksional mandiri untuk pelajaran speaking dalam bentuk multimedia. Produk ini diharapkan bisa digunakan oleh siswa sebagai alat pembelajaran diluar kelas tanpa kehadiran guru. Sehingga para siswa mampu belajar secara mandiri. Bagi guru produk ini juga bisa digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran speaking selama proses belajar dan mengajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58702

Actions (login required)

View Item View Item