Maarif, Syamsul (2015) Improving 9th graders' reading comprehension ability through KWL (Know, Want To Know and Learned) strategy in SMP Sunan Ampel Gresik / Syamsul Maarif. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Maarif Syamsul. 2014. Improving 9th Graders Reading Comprehension Ability Through KWL (Know Want to know and Learned) Strategy in SMP Sunan Ampel. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbings (1) Dr.Enny Irawati M.Pd. (2) Dr. Arwijati Wahyudi Murdibjono M.Pd. Dip.TESL. Kata kunci Pemahaman membaca teks report KWL. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas 9 SMP Sunan Ampel Gresik dalam memehami bacaan dengan menerapkan strategi KWL. Strategy ini dipilih karena langkah-langkahnya yang efektif dalam memotivasi siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Peneliti mengadakan sebuah kolaborasi penelitian tindakan kelas yang mana peneliti dan dibantu guru kolaborasi bekerja berkerja sama dalam menyiapkan prosedur yang sesuai dari strategi membaca KWL merancang lesson plan menentukan kriteria kesuksesan implementasi pengamatan dan melakukan refleksi. Pada penelitian ini peneliti membagi kelas atau level siswa kelompok atas kelompok tengah dan kelompok bawah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 9 SMP Sunan Ampel Gresik di tahun ajaran 2013-2014. Data dari penelitian tindakan kelas di kumpulkan dengan observasi langsung di dalam kelas melalui tes pemahaman membaca ceklis keterlibatan siswa dan quesioner tanggapan siswa. Test membaca pemahaman digunakan untuk mengetahui pencapaian siswa terhadap pemahaman bacaan setelah penerapan strategi. Ceklis pengamatan digunakan untuk mengamati keaktifan siswa selama proses penerapan strategy KWL dalam pembelajaran. Sedangkan quesionar tanggapan siswa digunakan untuk mengetahui bagaimana pendapat siswa tentang strategy ini dalam pelajaran membaca. Prosedur implementasi teknik reading melalui KWL dalam pengajaran memahami bacaan pada text report dibagi mennjadi tiga fase. Fase pertama adalah sebelum membaca guru berusaha mengaktifkan background pengetahuan dengan media gambar atau video. Fase kedua adalah saat membaca guru memfasilitasi siswa untuk memahami bacaan melalui 3 langkah aktifitas. Langkah itu adalah K W dan L (apa yang siswa ketahui apa yang siswa ingin ketahui dan apa yang siswa pelajari siswa). Fase ketiga setelah membaca. Fase ini penting bagi guru untuk memeriksa mengkonfirmasi dan menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Bedasarkan temuan penelitian strategi membaca KWL di mana telah dipergunakan pada subjek penelitian menunjukan peningkatan pemahaman membaca report teks. Hasil rata-rata skor dari test memahami bacaan kelompok atas adalah 86. Sementara itu standar skor lulusnya 85. Skor kelompok tengah adalah 71. Sementara itu skor standar lulusnya 70. Dan skor kelompok bawah adalah 62. Sementara itu skor standar lulusannya 60. Semua kategori telah mencapai standar kelulusan yang telah ditentukan. Ini berarti dengan menggunakan strategi membaca KWL dalam mengajar pemahaman membaca siswa di dalam teks report dapat meningkat dari waktu ke waktu. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan agar guru-guru bahasa Inggris menerapkan strategi KWL dalam pembelajaran membaca sebagai solusi alternative terhadap kesulitan yang sama dalam mengajar text report. Sementara itu para peneliti selanjutnya disarankan agar mengadakan penlitian strategi KWL pada tingkatan yang sama yang lebih rendah atau lebih tinggi untuk melihat lebih jelas sisi manfaat strategi ini dalam mengajar membaca dengan model teks yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |