Penerapan metode pembelajaran kooperatif Make A Match terhadap hasil belajar IPS pada materi perkembangan teknologi untuk kelas IV SD Plosorejo 2 Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar / Puji Rahayu Irianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif Make A Match terhadap hasil belajar IPS pada materi perkembangan teknologi untuk kelas IV SD Plosorejo 2 Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar / Puji Rahayu Irianti

Irianti, Puji Rahayu (2015) Penerapan metode pembelajaran kooperatif Make A Match terhadap hasil belajar IPS pada materi perkembangan teknologi untuk kelas IV SD Plosorejo 2 Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar / Puji Rahayu Irianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu I Puji. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Materi Perkembangan Teknologi Untuk Kelas IV SD Plosorejo 2 Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) I Nyoman S. D Prof. Dr. M. Pd (II) Arafah Husna S.Pd. M. Med. Kom Kata Kunci peningkatan hasil belajar perkembangan teknologi pembelajaran kooperatif Make A Match Hasil observasi awal pada tanggal 18 Maret 2015 sebagai kegiatan pra tindakan yang dilakukan di SD Plosorejo 2 menunjukkan bahwa pembelajaran IPS pada kelas IV dilakukan dengan model pembelajaran tradisional. Guru belum menggunakan pembelajaran yang baru dan inovatif. Dari data pencapaian hasil pretest nilai siswa masih banyak yang dibawah Standart Kompetensi Minimal (SKM) dengan ketuntasan belajar 55 5% pada siklus I dan 61 1% pada siklus II. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui dan mendiskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif Make A Match 2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif Make A Match 3) untuk mengetahui penerapan peningkatan aktivitas guru dan siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif Make A Match. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). peneliti berkolaborasi dengan guru kelas yaitu guru IPS kelas IV yang bekerjasama dalam pelaksanaan penelitian dan mengatasi masalah-masalah pembelajaran. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini memilki peran sebagai pengamat dan juga sebagai observer bersama teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketuntasan belajar pretes pada siklus I sebesar 55 5% dan 61 1% pada siklus II. Setelah penerapan metode Make A Match ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 77 7% dan meningkat pada siklus II sebesar 94 4%. Saran yang diberikan untuk siswa agar lebih mandiri dan juga meningkatkan kerjasama dalam berkelompok. Sedangkan bagi guru guru perlu memberikan inovasi terhadap pembelajaran yang diberikan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item