Kinds of questions making ELF students learn / Mushoffan Prasetianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinds of questions making ELF students learn / Mushoffan Prasetianto

Prasetianto, Mushoffan (2015) Kinds of questions making ELF students learn / Mushoffan Prasetianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prasetianto Mushoffan. 2014. Jenis-Jenis Pertanyaan yang membuat Mahasiswa Belajar. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris. Pembimbing (I) Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D. (II) Fachrurrazy M.A. Ph.D. Kata Kunci pertanyaan membuat mahasiswa belajar mata kuliah isi 12288 12288 12288 12288 Bahasa Inggris dianggap sebagai Bahasa asing di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kurang mendapatkan masukan bahasa Inggris di lingkungan sekitar. Sehingga kelas masih menjadi tempat utama terjadinya kegiatan pembelajaran. Pembelajaran terdiri atas interaksi antara guru dan siswa. Interaksi di dalam kelas mempunyai peran yang sangat penting karena pembelajaran terjadi ketika ada interaksi antara orang yang lebih tahu dengan orang yang kurang tahu. Interaksi di kelas Bahasa asing bisa dilihat sebagai aktivitas dialog dimana dosen memberi pertanyaan kepada mahasiswa. Sehingga pertanyaan memiliki peran vital dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji jenis pertanyaan yang manakah yang bisa membuat mahasiswa belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pengamatan dan protokol sebagai intrumen utama penelitian. Peneliti bertindak sebagai pengamat tidak aktif. Subyek penelitiannya adalah dosen dan mahasiswa mata kuliah Language Learning Assessment yang diajarkan di Universitas Negeri Malang. Data penelitian berupa persepsi mahasiswa terhadap jenis pertanyaan yang membuat mereka belajar dan pertanyaan verbal dosen. Pengumpulan data meliputi empat langkah. Pertama peneliti mengamati kelas lalu mentranskrip video rekaman pengamatan. Kedua peneliti memilah menganalisa dan mendaftar pertanyaan dosen. Ketiga peneliti mengumpulkan pertanyan dosen yang memiliki kesamaan jenis. Hal ini dilakukan sebagai dasar pembuatan instrumen protokol. Keempat peneliti mewawancarai mahasiswa di luar kelas. Data yang terkumpul dianalisa secara kualitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat jenis pertanyaan yang diajukan oleh dosen yaitu analogi pilihan konvergen dan divergen. Pertanyaan analogi adalah pertanyaan yang menggunakan hal-hal lain sebagai persamaan agar mahasiswa memahami konsep materi lebih mudah. Pertanyaan pilihan adalah pertanyaan yang menggunakan kata atau dan memberikan pilihan jawaban kepada mahasiswa. Pertanyaan konvergen adalah pertanyaan yang berfungsi untuk mengingatkan kembali pengetahuan yang sudah dimiliki mahasiswa. Pertanyaan divergen adalah pertanyaan yang mampu mengeluarkan respons jawaban panjang dari mahasiswa. Dari keempat jenis pertanyaan tersebut pertanyaan divergen yang mampu membuat mahasiswa belajar karena pertanyaan tersebut membuat mahasiswa berdiskusi dengan temannya sehingga mereka dapat saling berinteraksi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa dosen dapat membuat mahasiswanya belajar ketika dosen mengajukan pertanyaan divergen. Dosen disarankan untuk lebih banyak menggunakan pertanyaan divergen. Selain itu penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian ini di mata kuliah keahlian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58698

Actions (login required)

View Item View Item