Luthfiyati, Dian (2015) Errors in writing narrative text by the students of senior high school / Dian Luthfiyati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Luthfiyati Dian. 2014. Errors in Writing Narrative Text by the Students of Senior High School. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. M. Adnan Latief M.A. Ph. D. (2) Dr. Suharmanto M.Pd.Tesis Kata kunci error narrative writing. Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk menemukan kesalahan dalam menulis teks narasi yang dibuat oleh siswa SMAN 2 Lamongan dalam kegiatan menulis. Hal ini difokuskan pada menjawab satu pertanyaan Apa saja jenis dan frekuensi kesalahan dalam teks tertulis narasi yang ditemukan di kelas dan jurusan yang berbeda dari siswa SMAN 2 Lamongan Penulis menggunakan deskriptif kuantitatif sebagai desain penelitian. Subyek penelitian ini adalah kelas X XI dan XII siswa SMAN 2 Lamongan. Di kelas X 40 siswa kelas X-ilmu yang diambil sebagai sampel di kelas X-sosial 23 siswa diambil sebagai sampel dan di kelas X-bahasa 12 siswa diambil sebagai sampel. Di Kelas XI 36 siswa kelas XI-ilmu yang diambil sebagai sampel di kelas XI-sosial 31 siswa dan kelas XI-bahasa 8 siswa diambil sebagai sampel. Sementara di kelas XII 38 siswa kelas XII-ilmu yang diambil sebagai sampel di kelas siswa XII-sosial 28 dan di kelas XII bahasa 12 siswa diambil sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan survei cross sectional. Instrumen utama penelitian ini adalah hasil menulis dari siswa dan petunjuk penilaian narasi. Tes menulis diteliti dalam penilaian subjektif di mana siswa diminta untuk membangun penulisan narasi diadaptasi dari Cohen (1994) dan Coffin dkk (2003) Hyland (2004). Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa membuat beberapa kesalahan dalam nilai moral isi organisasi tata bahasa dan kosa kata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki kesalahan dalam unsur-unsur penulisan narasi. Dari lima jenis kesalahan dalam penulisan narasi tata bahasa adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh siswa kelas X XI dan XII. Tata bahasa merupakan kesalahan dominan karena itu terjadi di setiap kelas dan masing-masing program. Jenis kesalahan dalam tata bahasa yang terjadi adalah simple past tense. Berdasarkan data perbedaan kesalahan yang terjadi di setiap kelas tidak berbeda satu sama lain. Hal ini karena ada kesalahan dalam semua kategori di setiap kelas dan jurusan. Alasan mereka membuat kesalahan adalah mereka berpikir bahwa menulis itu sulit. Selain itu tidak ada waktu khusus untuk mengajarkan tentang tata bahasa. Hal ini dapat mempengaruhi pengetahuan siswa tentang tata bahasa yang digunakan dalam menulis narasi. Temuan ini kemudian mengarah pada saran bahwa guru bahasa Inggris harus mampu memotivasi dan mendukung siswa dalam kelas menulis dan tidak hanya memberikan penilaian pada tulisan siswa tetapi juga mereka harus memberikan umpan balik pada hasil menulis mereka. Dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis siswa harus memperhatikan aturan tata bahasa karena menjadi aspek penting dalam belajar bahasa terutama dalam menyusun paragraf yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |