Chamidah, Siti Nurul (2015) Improving the writing ability of the Xth graders of SMA Negeri 1 Sukomoro utilizing mind mapping strategy / Siti Nurul Chamidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Chamidah Siti Nurul. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukomoro dengan Menggunakan strategi Pemetaan Konsep. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Prof. Dr. Gunadi H. Sulistyo M.A. (II). Dr. Ekaning D. Laksmi M.Pd M.A. Kata kunci kemampuan menulis teks deskriptif strategi pemetaan konsep Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan untuk menyelesaikan masalah siswa dalam menulis dengan menggunakan strategi pemetaan konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pemetaan konsep dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukomoro. Subyek dari penelitian ini adalah 36 siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Sukomoro tahun pelajaran 2013-2014. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket lembar pengamatan catatan lapangan dan tes menulis. Dalam penelitian ini strategi pemetaan konsep diterapkan melalui modifikasi pendekatan berbasis teks. Modifikasi ini dilakukan dengan melaksakan langkah- langkah pendekatan ilmiah dalam setiap tahapan curriculum cycle dari pendekatan berbasis teks. Ada empat pertemuan untuk melaksanakan keempat tahapan dari curriculum cycle dan satu pertemuan tambahan untuk melaksaksanakan ujian menulis dan mengisi angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pemetaan konsep melalui modifikasi pendekatan berbasis teks mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa. Peningkatan ini ditandai dengan adanya kenaikan peringkat nilai siswa peningkatan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dan peningkatan tanggapan positif siswa terhadap pelaksanaan strategi. Berdasarkan temuan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan strategi pemetaan konsep yang diterapkan dalam modifikasi pendekatan berbasis teks. Oleh karena itu disarankan kepada guru Bahasa Inggris agar menggunakan strategi pemetaan konsep yang diterapkan dalam modifikasi pendekatan berbasis teks ini untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa mereka. Peneliti di masa mendatang dapat melakukan penelitian tentang penerapan strategi pemetaan konsep namun menggunakan desain penelitian yang berbeda atau menerapkan strategi pemetaan konsep ini untuk mengajar ketrampilan bahasa yang lain. Selain itu penelitian lanjutan terhadap penerapan strategi pemetaan konsep dapat dilaksanakan terhadap ketrampilan bahasa yang sama namun pada jenis teks atau tingkatan pendidikan yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |