Corrective feedback on writing accuracy as related to students' different levels of grammatical sensitivity / Ayu Rizki Septiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Corrective feedback on writing accuracy as related to students' different levels of grammatical sensitivity / Ayu Rizki Septiana

Septiana, Ayu Rizki (2014) Corrective feedback on writing accuracy as related to students' different levels of grammatical sensitivity / Ayu Rizki Septiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Septiana Ayu Rizki. 2014. Corrective Feedback pada Keakuratan Menulis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Tingkat Kepekaan terhadap Grammar. Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. (II) A. Effendi Kadarisman M.A. Ph.D. Kata kunci indirect corrective feedback direct corrective feedback kesalahan pada tulisan keakuratan dalam menulis kepekaan terhadap grammar 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah indirect corrective feedback efektif untuk meningkatkan keakuratan menulis siswa dan apakah ada interaksi antara corrective feedback yang diberikan kepada karangan siswa dengan perbedaan tingkat kepekaan terhadap grammar yang dimiliki oleh siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini mengadopsi sebuah design quasi-factorial dengan menggunakan design grup pretest dan posttest. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 jurusan Sastra Inggris Universitas Negeri Malang pada tahun akademik 2013-2014. Keakuratan menulis siswa dilihat dari tes menulis karangan argumentative sedangkan perbedaan tingkat kepekaan terhadap grammar dihitung dengan menggunakan tes error recognition yang diadaptasi dari Sharpe (2004) Barron s TOEFL 11th Edition. 12288 12288 12288 12288 Dalam menganalisis data yang dikumpulkan peneliti menggunakan analisis kovarians (ANCOVA). Penelitian menunjukkan beberapa temuan sebagai berikut. Pertama tidak ada perbedaan yang signifikan pada keakuratan dalam menulis antara siswa yang diberikan indirect corrective feedback dan siswa yang diberikan direct corrective feedback karena nilai p lebih besar dari tingkat signifikansi 945 .05. Kedua ada perbedaan yang signifikan pada keakuratan dalam menulis antara siswa yang berada dalam tingkat kepekaan terhadap grammar yang tinggi yang diberikan indirect corrective feedback dan yang diberikan direct corrective feedback karena nilai p (.023) lebih kecil dari tingkat signifikansi 945 .05. Ketiga tidak ada perbedaan pada keakuratan dalam menulis antara siswa yang berada pada tingkat kepekaan terhadap grammar yang rendah yang diberikan indirect corrective feedback dan yang diberikan direct corrective feedback karena nilai p (.834) lebih besar dari tingkat signifikansi 945 .05. Keempat tidak terdapat interaksi antara corrective feedback yang diberikan pada karangan siswa dengan perbedaan tingkat kepekaan terhadap grammar yang dimiliki siswa karena nilai p (.231) lebih besar dari tingkat signifikansi 945 .05. Akan tetapi hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa kedua jenis corrective feedback meningkatkan nilai dari keakuratan dalam menulis siswa. 12288 12288 12288 12288 Beberapa saran berkaitan dengan penemuan dari penelitian ini ditawarkan. Dosen Bahasa Inggris disarankan untuk menggunakan indirect corrective feedback dalam merespon karangan siswa karena indirect corrective feedback terbukti menaikkan nilai dari keakuratan dalam menulis siswa lebih tinggi daripada direct corrective feedback khususnya untuk siswa dengan tingkat kepekaan terhadap grammar yang tinggi. Untuk peneliti yang akan melakukan penelitian sejenis peneliti disarankan untuk melakukan penelitian tentang corrective feedback pada jenis teks yang berbeda dan pada tempat penelitian yang berbeda. Peneliti juga disarankan untuk memasukkan isi dan organisasi tulisan sebagai komponen yang akan diberikan corrective feedback. Selanjutnya peneliti juga disarankan untuk menambahkan jumlah waktu pertemuan yang digunakan untuk melakukan penelitian. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58693

Actions (login required)

View Item View Item