The indirectness and intercultural competence seen in the graduate students' presentation at ELT departement classes State University of Malang / Rizka Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

The indirectness and intercultural competence seen in the graduate students' presentation at ELT departement classes State University of Malang / Rizka Rahmawati

Rahmawati, Rizka (2014) The indirectness and intercultural competence seen in the graduate students' presentation at ELT departement classes State University of Malang / Rizka Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmawati Rizka. 2014. The Indirectness and Intercultural Competence seen in the Graduate Students Presentation at ELT Department Classes State University of Malang. Thesis English Language Teaching Graduate State University of Malang. Advisors (1) Dr. Emalia Iragiliati M.Pd (2) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A Kata Kunci Kemampuan Pragmatik penyampaian tidak langsung kemampuan lintas budaya presentasi 12288 12288 12288 Kemampuan pragmatik dalam sebuah interaksi berkaitan erat dengan kemampuan pembicara untuk memproduksi bahasa yang tepat secara akurat. Bagaimanapun masih ada kemungkinan adanya ketidaksesuaian dari apa yang dikatakan pembicara dengan apa yang sebenarnya dimaksudkannya dimana fenomena seperti ini disebut dengan penyampaian tidak langsung. Kesopanan yang merupakan usaha untuk menyelamatkan face seseorang sangat berkaitan dengan penggunaan cara penyampaian pesan secara tidak langsung dan terkait pula dengan kemampuan lintas budaya orang tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) penyampaian tidak langsung seperti apa yang digunakan oleh mahasiswa pasca sarjada jurusan Pendidikan Bahasa Inggris selama presentasi mereka dan (2) kemampuan lintas budaya apakah yang digunakan dalam pengaplikasian cara penyampaian pesan secara tidak langsung yang diucapkan oleh mahasiswa pascasarjana jurusan Pendidikan Bahasa Inggris selama presentasi yang mereka lakukan. Data dalam penelitian ini adalah mahasiswa pascasarjana jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang karena berkaitan dengan besarnya harapan bahwa mahasiswa pascasarjana tersebut telah menguasai bahasa Inggris baik dalam kemampuan linguistik danjuga faktor sosial seperti budaya. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunkan metode deskriptif kualitatif. Data utama didapatkan dari transkrip tertulis presentasi yang dilakukan mahasiswa pasca sarjana dan juga kuisioner yang diberikan kepada presenter dan penonton. Dalam menganalisa data peneliti menggunkan teori tentang sampaian tidak langsung oleh Thomas dan kemampuan lintas budaya milik Spencer-Oatey. 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para mahasiswa pasca sarjana jurusan Pengajaran bahasa Inggris cenderung menggunakan sampaian tidak langsung dalam bentuk (a) pertanyaan baik berupa satu pertanyaan maupun beberapa pertanyaan arahan dan (b) penyampaian tidak langsung untuk meminta. Terkait dengan kemampuan lintas budaya para presenter ini menggunakan kemampuan lintas budaya mereka dalam bentuk kompetensi sosial/ professional dan juga perhatian interpersonal. Maka dari itu penelitian ini masih memerlukan informasi lebih lanjut terkait dengan cara penyampaian pesan secara tidak langsung dan kemampuan lintas budaya secara khusus dan pragmatik secara umum. Peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mempelajari lebih banyak tentang elemen-elemen dalam pragmatik karena saat ini prgmatik tidak bisa dipisahkan dengan penggunaan bahasa itu sendiri. Khususnya bagi yang mempelajari bahasa kedua/ bahasa asing pragmatik merupakan hal yang sangat penting karena menggunakan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58692

Actions (login required)

View Item View Item