Avoidance and achievement strategies with SIPs applied by Indonesian foreign language learners of English / Indah Nur'aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Avoidance and achievement strategies with SIPs applied by Indonesian foreign language learners of English / Indah Nur'aini

Nur'aini, Indah (2014) Avoidance and achievement strategies with SIPs applied by Indonesian foreign language learners of English / Indah Nur'aini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aini Indah Nur. 2014. StrategiPenghindarandanPencapaiandengan SIPs DigunakanolehPembelajarBahasaInggrisSebagaiBahasaAsing.Tesis. Program PascaSarjana PendidikanBahasaInggris. UniversitasNegeri Malang.Pembimbing Dr. Emalia Iragiliati M.Pd and Prof. Drs. BambangYudiCahyono M.Pd M.A. Ph.D. Kata kunci strategipenghindaran strategipencapaian sociopragmatic interactional principles (SIPs) Dalamkomunikasi pembicaraakanberbicaradenganbahasa yang sama (Schimdt 1983 167) untukmenghindarikesalahpahamandanmencapaitujuankomunikasi.Penggunaanbahasadipengaruhiolehmasyarakat.Selainmasyarakat konteks non-linguistiksepertipikirandansituasimempengaruhipersepsidanproduksibahasapembelajar.Dengandemikian pembelajarbahasaInggrissebagaibahasaasingdihadapkandenganstrategipenghindarandanpencapaian (Dornyei Scott 1995 197).Dalammenjelaskanpenghindaran yang dilakukanpembelajarbahasaInggrissebagaibahasaasingdibutuhkansociopragmatic interactional principles (SIPs) untukmembantupembelajarmenjalankaninteraksi (Spencer-Oatey Jiang 2003 1644).Olehkarenaitu penelitianinibertujuanuntukmeneliti bagaimanapembelajarbahasainggrissebagaibahasaasingmenggunakanstrategipenghindarandanpencapaian yang maknanyamengandung SIPs dalamkomunikasi yang interaktifantarmahasiswa Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdeskriptif.Subjekpenelitianinimerupakanmahasiswadanlulusan S1 jurusanSastraInggris di UniversitasNegeri Malang.Merekadiantaranyaadalahperempuandanlaki-lakisekitarumur 18-21 tahun.Penelitianawaldilakukanpertama kali untukmeyakinkanapakahstrategipenghindarandigunakanolehpembelajar.Dalamdokumentasi penelitimerekamsuarapembelajarsaatsedangmempresentasikantugasakhirmereka.Kemudian penelitimentranskrippercakapan yang menggunakanstrategipenghindarandanpencapaian.Yang terakhir penilitimewawancaraipembelajar yang menggunakanstrategipenghindarandanpencapaian. Di dalammenganalisis data didiskusikandenganmengunakanteoristrategipenghindarandanpencapaianmilikDornyei and Scott s teorimilik Spencer-Oatey and Jiang tentangsociopragmatic interactional principles and pendekatan gender dalaminteraksi. Hasilpenelitianmenunjukkanpembelajarbahasainggrissebagaibahasaasingmenggunakanlimadarienamstrategipenghindaran. Lima strategipenghindarantersebutdipengaruhiolehkehadirandantekanandaridosendantemansekelas lemahnyapengetahuantentangbahasaasing ketidakyakinan situasidanpikranpembelajar danpresentasi yang tidakdisiapkandenganbaik.Selainitu merekajugamenggunakanduabelasstrategidaritigapuluhstrategipencapaian. Hal inimemicupembelajaruntukmenggunakaduakomponendasar SIP untukmengaturinteraksidanempatkomponenlanjutan SIP untukmenentukangayakomunikasi. Selainitu dalampenelitianinipemebelajarwanitacenderungmenggunakanbahasa yang formal dibandingkandenganpembelajarlaki-laki.Merekamenyampaikanpesanmerekasecaralangsungdantidakmenggunakanmetaforaataumenyatakanmaksudsecaratidaklangsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58691

Actions (login required)

View Item View Item