Kodriyah, Lailatul (2014) Implementing peer corrective feedback strategy to improve grade XI students' writing ability at SMAN 3 Malang / Lailatul Kodriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kodriyah Lailatul. 2014. Implementing Peer Corrective Feedback Strategy to Improve Grade XI Students Writing Ability At SMAN 3 Malang. Tesis. Pacasarjana. Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D. (II) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd. M.A. Ph.D. Kata Kunci Strategi Mengoreksi berpasangan dan kemampuan menulis. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian awal yang dilakukan di SMAN 3 Malang pada kelas sebelas kelas IPA 7 siswa-siswa mengalami kesulitan dalam menulis. Banyak dari hasil karya siswa yang penulisannya masih kurang tepat isinya tidak sesuai dengan topik dan ejaan serta tanda baca memiliki banyak kesalahan. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan strategy peer feedback. Strategi ini dipilih karena cocok dengan kondisi yang ada di dalam kelas. Peer feedback mengarahkan siswa untuk belajar secara mandiri tidak terlalu bergantung pada saran dan koreksi dari guru memotivasi siswa untuk menulis serta meningkatkan kemampuan menulis siswa. 12288 12288 12288 12288 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan dalam lima pertemuan sedangkan siklus kedua dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Peneliti menggunakan hasil tulisan akhir siswa sebagai sumber data untuk peningkatan kemampuan menulis siswa serta menggunakan catatan lapangan kuesioner dan juga observasi untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan pelaksanaan penerapan strategi ini di kelas. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian di siklus pertama menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat dari penelitian awal. Meskipun demikian kriteria kesuksesan belum tercapai pada siklus pertama sehingga harus dilanjutkan dengan siklus kedua. Pada siklus dua nilai siswa juga mengalami peningkatan. Di penelitian awal nilai rata-rata siswa adalah 66.73 kemudian di siklus pertama naik menjadi 81.21dan di siklus kedua naik lagi menjadi 81.39. Pada penelitian awal hanya 3 siswa atau 27.3% dari jumlah siswa yang lulus KKM sedangkan di siklus dua 96.97% dari jumlah siswa atau 33 siswa lulus KKM yaitu nilai 80 keatas. Selain itu 75.76% dari jumlah siswa atau 25 siswa mengalami peningkatan nilai 5 poin atau lebih. 12288 12288 12288 12288 Dengan adanya temuan-temuan tersebut guru kelas maupun guru-guru lain jika menghadapi masalah yang sama disarankan untuk menggunakan peer strategy ini sebagai salah satu alternatif dalam mengajar writing. Para peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan strategy ini pada siswa yang memiliki kemampuan setara sehingga feedback yang didapat siswa menjadi lebih berarti dan bermanfaat. Strategi peer feedback diterapkan dalam empat kegiatan inti yaitu menjelaskan member contoh melatih dan praktek langsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58689 |
Actions (login required)
View Item |