The use of contextual guessing strategy to improve students' reading comprehension / Justsinta Sindi Alivi - Repositori Universitas Negeri Malang

The use of contextual guessing strategy to improve students' reading comprehension / Justsinta Sindi Alivi

Alivi, Justsinta Sindi (2014) The use of contextual guessing strategy to improve students' reading comprehension / Justsinta Sindi Alivi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alivi Justsinta Sindi. 2014 Penggunaan Contextual Guessing Stratgey untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahas Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. (II) Fachrurrazy M.A. Ph.D. Kata Kunci contextual guessing strategy pemahaman membaca. 12288 12288 12288 Berdasarkan studi pendahuluan mahasiswa Managemen kelas I di UMM masih mengalami kesulitan dalam mata kuliah ESP Reading I di semester pertama. Mereka masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi topic ide pokok dan informasi detail yang terkandung dalam teks. Masalah-maslah tersebut disebabkan karena rendahnya penguasaan kosa kata mereka. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan siswa dalam pemahaman membaca dengan menerapkan contextual guessing strategy. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur dalam penerapan PTK dalam penelitian ini terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 40 mahasiswa semester dua jurusan Manajemen kelas I yang mengambil mata kuliah Reading II ESP for Management di Universitas Muhammadiyah Malang. 12288 12288 12288 Studi ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 4 pertemuan untuk pembelajaran menggunakan contextual guessing strategy dan 1 pertemuan untuk tes kemampuan membaca. Siklus 2 terdiri dari 1 pertemuan untuk pembelajaran menggunakan strategi tersebut dan 1 pertemuan untuk tes kemampuan membaca. Penelitian ini menggunakan empat macam instrument dalam pengumpulan data lembar observasi catatan lapangan angket dan tes kemampuan membaca. 12288 12288 12288 Hasil studi menunjukan bahwa kriteria ketuntasan masih belum tercapai baik pada siklus I maupun siklus II. Hanya 5 dari 40 mahasiswa (13%) yang mencapai kriteria ketuntasan dalam tes kemampuan mambaca pada siklus I. Hanya 40% mahasiswa (16 dari 40 mahasiswa) yang memenuhi kriteria ketuntasan di siklus II. Namun demikian terdapat peningkatan nilai siswa baik pada siklus I (55% atau 22 dari 40 siswa mengalami peningkatan nilai) maupun pada siklus II (85% atau 34 dari 40 siswa mengalami peningkatan nilai) dari studi pendahuluan. Nilai rata-rata siswa menunjukkan peningkatan di masing-masing siklus di mana nilai rata-rata pada studi pendahuluan yaitu 50 siklus I mencapai 55 dan siklus II mencapai 66 . Di lain sisi data pendukung dari angket menunjukkan bahwa siswa berhasil mencapai kriteria di mana 88% siswa (35 dari 40 siswa) memberikan respon positif bahwa contextual guessig strategy dapat motivasi dan meningkatkan kemampuan membaca. Hasil angket menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menentukan context clues (88%) menebak arti dari kata-kata baru (78%) dan masih membutuhkan bantuan guru (60%) maupun kamus (68) dalam mengartikan kata-kata baru. 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa contextual guessing strategy efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman. Kriteria ketuntasan dipertimbangkan terlalu menuntut untuk para siswa. Kriteria ketuntasan dalam tes pemahaman membaca diperkirakan dapat dicapai apabila tersedia waktu studi yang lebih lama dalam penerapan contextual guessing strategy. Sebagai solusinya pengajar (dosen) mata kuliah ESP Reading for Management dalam kelas penelitian yang juga merupakan si peneliti itu sendiri dianjurkan untuk melanjutkan penerapan contextual guessing strategy setelah masa penelitian berakhir sehingga mahasiswa dapat memperoleh prestasi yang lebih baik dalam kemampuan pemahaman membaca. Berdasarkan hasil di atas guru bahasa Inggris disarankan untuk menerapkan contextual guessing strategy sebagai salah satu alternatif strategi dalam pengajaran mata pelajaran membaca. Saran kedua ditujukan kepada peneliti selanjutnya untuk melaksanakan studi yang berkaitan dengan penerapan contextual guessing strategy dalam pembelajaran Reading level pada berbagai level pendidikan dan level kemampuan membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58686

Actions (login required)

View Item View Item