A program evaluation og MGMP (Teacher Professional Develepment Forum) program for English Senior High School Teacher in Sidoarjo / Niki Raga Tantri - Repositori Universitas Negeri Malang

A program evaluation og MGMP (Teacher Professional Develepment Forum) program for English Senior High School Teacher in Sidoarjo / Niki Raga Tantri

Tantri, Niki Raga (2014) A program evaluation og MGMP (Teacher Professional Develepment Forum) program for English Senior High School Teacher in Sidoarjo / Niki Raga Tantri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tantri Niki Raga. 2014. A Program Evaluation of MGMP (Teachers Professional Development Forum) Program for English Senior High School Teachers in Sidoarjo. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. (II) Dr. Suharmanto M.Pd Kata Kunci Musyawarah guru mata pelajaran pengembangan profesionalitas berkelanjutan guru evaluasi program guru Bahasa Inggris SMA 12288 12288 12288 12288 12288 Performa guru professional disadari mempunyai tingkatan rendah berdasarkan Kementrian Pendidikan di Indonesia. Oleh sebab itu untuk menangani kebutuhan keberlanjutan pendidikan guru pemerintah mensahkan pembentuk program MGMP pada tahun 2008. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi empat aspek evaluasi program dari sebuah program pengembangan profesionalis berkelanjutan guru bernama MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) bahasa Inggris untuk tingkat SMA di Sidoarjo yang terdiri dari input program proses program output program dan hasil program (outcome). Untuk memenuhi tujuan ini model IPO yang dikembangkan oleh Bushnell di tahun 1990 digunakan. Tiga sumber data penelitian diambil dari pengurus MGMP program para instruktur dan peserta untuk mengevaluasi input proses dan output program. Kuesioner mengenai kompetensi professional guru juga diambil dari peserta MGMP sebagai perwakilan subyek penelitian untuk mengevaluasi aspek hasil program evaluasi. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian dievaluasi dan diurutkan berdasarkan setiap indikator dari aspek-aspek evaluasi program. Dalam aspek input evaluasi program terdapat 4 indikator yang dievaluasi yakni kualifikasi peserta kemampuan para instruktur materi dan metode evaluasi program yang dipakai. Dalam aspek proses evaluasi program mengevaluasi 3 indikator pengembangan kurikulum dan materi pengevaluasian pengajaran dan performa dari internal dan eksternal faktor dan kemampuan personal. Indikator reaksi peserta dan indikator pengetahuan dan skill yang didapat dievaluasi di dalam aspek output evaluasi program. Sedangkan aspek hasil evaluasi program mengevaluasi persepsi siswa mengenai performa guru mereka di kelas dan peningkatan penampilan mengajar guru setelah mengikuti program MGMP. Aspek input proses dan outpu evaluasi program menggunakan kuesioner. Sedangkan aspek hasil evaluasi program menggunakan lembar observasi untuk indikaro peningkatan performa mengajar dan kuesioner untuk persepsi siswa mengenai indikator penampilan mengajar guru. Penemuan yang didapat mengindikasikan bahwa aspek program input dan aspek program proses adalah aspek yang harus diperbaiki untuk meningkatkan keefektifitasan program. Aspek yang masih nihil adalah analisis kebutuhan dari para peserta materi yang tepat dan pemilihan untuk kualifikasi instruktur. Oleh karena itu dalam penelitian ini implikasi dan saran dibuat untuk MGMP program selanjutnya yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58684

Actions (login required)

View Item View Item