The effectiveness of online peer feedback throught closed group facebook on the students' writing achievement / Ratna Nurlia - Repositori Universitas Negeri Malang

The effectiveness of online peer feedback throught closed group facebook on the students' writing achievement / Ratna Nurlia

Nurlia, Ratna (2014) The effectiveness of online peer feedback throught closed group facebook on the students' writing achievement / Ratna Nurlia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurlia R. 2014. Efektifitas dari Online Peer Feedback melalui Group Tertutup Facebook terhadap Nilai Menulis Mahasiswa. Thesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. (II) Prof. Utami Widiati M. A. Ph.D. Kata Kunci Online Peer Feedback Writing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari online peer feedback melalui Grup Tertutup dalam Facebook terhadap pencapaian pembelajaran menulis mahasiswa. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah mahasiswa yang diajar dengan menggunakan strategy online peer feedback melalui group pribadi dalam facebook memiliki kemampuan menulis yang lebih baik daripada yang diajar menggunakan face to face peer feedback sehingga penelitian ini ditujukan untuk mendapatkam informasi yang akurat tentang perbedaan yang signifikan terhadap pencapaian nilai menulis antara grup eksperimen dan grup kontrol. Penelitian ini menggunakan desain semi-eksperimen dengan tes awal-akhir melibatkan kelompok yang tidak diacak. Subyek penelitian diambil dari mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris STKIP PGRI Blitar yang sedang menempuh mata kuliah Writing IV yang fokusnya adalah menulis ekspository esei. Kelas A sebagai grup eksperimen dan kelas B sebagai grup kontrol. Dalam pengumpulan data instrument yang digunakan adalah tes menulis (tes awal dan tes akhir) sebagai data utama dan kuisioner untuk mahasiswa sebagai data tambahan Tes awal diberikan kepada kedua kelompok sebelum eksperimen dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara dua group dalam kemampuan menulis mereka. Selama eksperimen tiga tugas menulis diberikan kepada kedua grup namun grup eksperimen menerima feedback tertulis melalui facebook sedangkan grup kontrol menerima feedback langsung didalam kelas. Kemudian tes akhir diberikan kepada kedua kelompok setelah perlakuan untuk mengumpulkan data. Karena penelitian ini menggunakan desain semi-eksperimen dengan tes awal-akhir melibatkan kelompok yang tidak diacak ANCOVA (Analisys of Covariance) merupakan cara yang paling cocok untuk pengolahan data. Nilai dari tes awal digunakan sebagai covariate untuk mengontrol perbedaan-perbedaan yang ada sebelum perlakuan antara dua grup. Sebelum menggunakan ANCOVA tiga asumsi telah terpenuhi antara lain linearity homogeneity of variances dan homogeneity of regression slope. Untuk memeriksa asumsi hubungan linear antara variabel dependen dan covariate scatter plots dilakukan dan menunjukkan hubungan yang linear untuk masing-masing grup. Kemudian nilai signifikan dari homogenitas varian adalah 0.311 ( 0.005). Artinya varian dari tes akhir adalah sama atau homogen. Sedangkan level signifikan dari interaksi adalah 0.188 yang mana lebih besar dari 0.05 sehingga bisa disimpulkan bahwa hubungan antara covariate dan perlakuan secara statistik tidak siknifikan. Oleh karena itu untuk untuk menganalisis data akhir penulis menggunakan ANCOVA. Data statistik dari tes akhir menggunakan ANCOVA menunjukkan bahwa nilai signifikan yang diperoleh adalah 0.012 (

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58683

Actions (login required)

View Item View Item