Professional development by senior high school english teachers in Pamekasan / Kuzairi - Repositori Universitas Negeri Malang

Professional development by senior high school english teachers in Pamekasan / Kuzairi

Kuzairi (2014) Professional development by senior high school english teachers in Pamekasan / Kuzairi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kuzairi. 2014. Pengembangan Profesi Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pamekasan. Tesis. Magister Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Fachrurrazy M.A. Ph.D. (II) Dr. Gunadi H. Sulistyo M.A. Kata Kunci Pengembangan Profesi Frekuensi Keikutsertaan dalam Pengembangan Profesi. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengembangan profesi guru yang dilakukan guru sekolah menengah atas di Pamekasan. Rumusan masalah secara umum dari penelitian ini adalah Bagaimana pengembangan profesi guru bahasa Inggris sekolah menengah atas di Pamekasan . Rumusan masalah ini dibagi menjadi tiga pertanyaan khusus yaitu Bagaimana guru konsepsi guru bahasa Inggris sekolah menengah atas tentang menjadi guru yang profesional Kegiatan apa yang umumnya dilakukan guru bahasa Inggris sekolah menengah atas di Pamekasan untuk mengembangkan profesinya dan Bagaimana frekuensi keikutsertaan guru bahasa Inggris dalam kegiatan pengembangan profesinya 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Dalam melaksanakan penelitian ini digunakan desain survai yaitu desain yang menjelaskan tren sikap atau pendapat dari sebuah populasi. Populasi dari penelitian ini adalah para guru bahasa Inggris sekolah menengah atas di Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini memilih 30 guru bahasa Inggris yang sudah tersertifikasi pada sekolah menengah atas di Pamekasan secara nonprobabilitas dan purposif. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam pengumpulan data. Setelah data diperoleh langkah berikutnya adalah menganalisa data tersebut melalui beberapa tahapan berikut mereview dan menyusun kuesioner menginput data ke dalam tabel tabulasi menghitung total nilai berdasarkan indikator menetukan rata rata berdasarkan indikator interpretasi dan menyimpulkan hasil penelitian. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini prosentase konsepsi guru tentang menjadi guru yang profesional adalah 81.77%. dengan hasil tersebut ini menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris sekolah menengah atas di Pamekasan memahami diri mereka sebagai guru yang sangat profesional. Penelitian ini juga menemukan bahwa kegiatan pengembangan profesi guru yang paling umum dilakukan oleh mereka adalah refleksi diri dengan prosentase 73.17% sedangkan kegiatan yang paling tidak biasa dilakukan sebagai pengembangan profesi adalah melakukan penelitian dengan prosentase hanya 45.92%. Temuan dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa mereka cukup sering ikut serta dalam kegiatan - kegiatan pengembangan profesi dengan prosentase 58.61%. Berdasarkan hasil serta diskusi dari penelitian ini nilai rata - rata pengembangan profesi guru adalah 65.19%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan profesi guru Bahasa Inggris sekolah menengah atas di Pamekasan adalah cukup terlaksana. Meskipun demikian ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan secara lebih sering seperti interaksi dengan penutur asing kursus dan kegiatan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru Bahasa Inggris sekolah menengah atas di Pamekasan untuk selalu ikut serta dalam kegiatan pengembangan profesi guru secara terus menerus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58682

Actions (login required)

View Item View Item