The effects of integrated reading-writing instruction on students writing ability across students' cognitive styles / Fernandita Gusweni Jayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

The effects of integrated reading-writing instruction on students writing ability across students' cognitive styles / Fernandita Gusweni Jayanti

Jayanti, Fernandita Gusweni (2014) The effects of integrated reading-writing instruction on students writing ability across students' cognitive styles / Fernandita Gusweni Jayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jayanti Fernandita Gusweni. 2014. Pengaruh Pengajaran Membaca dan Menulis Terintegrasi terhadap Kemampuan Menulis Siswa pada Gaya Kognitif yang Beragam. Tesis. Program Pascasarjana program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suharmanto M.Pd. (II) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Kata kunci integrasi membaca dan menulis pengajaran menulis kemampuan menulis gaya kognitif 12288 12288 12288 12288 Sebagian besar penelitian mengenai cara mengurangi kesulitan siswa dalam menulis untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dilaksanakan di kelas yang hanya mengajarkan keterampilan menulis saja. Pengajaran keterampilan berbahasa secara terintegrasi menjadi tren pada saat ini setelah pengajaran keterampilan berbahasa yang terpisah-pisah berlangsung selama beberapa dekade. Tren ini didasari oleh keyakinan bahwa pengajaran terintegrasi memberikan lebih banyak pengaruh positif terhadap proses belajar mengajar. Di tengah meningkatnya jumlah penelitian mengenai hubungan positif antara kemampuan membaca dan kemampuan menulis beserta peranan kemampuan membaca yang vital dalam kegiatan menulis seseorang penelitian eksperimental ini bertujuan untuk mengetahui efek dari pengajaran membaca - menulis terintegrasi terhadap kemampuan menulis siswa. Berdasarkan teori-teori yang menyatakan hubungan antara kemampuan membaca dan kemampuan menulis peneliti mengembangkan sebuah instruksi pengajaran untuk mengintegrasikan kegiatan membaca dan menulis di kelas menulis. Lebih lanjut peneliti juga mengidentifikasi faktor lain yang dapat mempengaruhi kemampuan menulis siswa yaitu gaya kognitif . Berdasarkan gaya kognitif mereka siswa dibagi menjadi kelompok siswa Field-Independent (FI) dan siswa Field- Dependent (FD). 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dirancang untuk menyelidiki 1 ) efektivitas pengajaran membaca - menulis terintegrasi dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa 2 ) efektivitas pengajaran membaca - menulis terintegrasi dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa yang bergaya kognitif FI dan 3 ) efektivitas pengajaran membaca - menulis terintegrasi dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa yang bergaya kognitif FD. Penelitian ini dilakukan di STKIP PGRI Jombang khususnya di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (43 siswa pada kelompok eksperimen dan 44 siswa di kelompok kontrol). Kemampuan menulis siswa diukur dengan menggunakan sebuah tes tertulis di mana siswa diminta untuk menulis esai ekspositori sedangkan informasi mengenai gaya kognitif siswa diperoleh dari Group Embedded Figure Test ( GEFT ). 12288 12288 12288 12288 Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Independent Samples T-Test . Terkait dengan masalah penelitian yang pertama ditemukan bahwa nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan pengajaran membaca - menulis terintegrasi tidak lebih tinggi daripada nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan pengajaran menulis saja. Tetapi perhitungan statistik menunjukkan tingkat signifikansi yang lebih tinggi dari taraf signifikansi .05 ( Sig .360 Sig .05 ) . Hal ini menunjukkan bahwa pengajaran membaca - menulis terintegrasi tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa . Selanjutnya berdasarkan perhitungan statistik tingkat signifikansi perbedaan nilai rata-rata skor menulis antara siswa yang bergaya kognitif FI di di grup eksperimental dan siswa yang bergaya kognitif FI di grup control ternyata lebih besar dari .05 ( Sig .330 Sig .05 ). Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang bergaya kognitif FI di di grup eksperimental tidak memperoleh nilai menulis yang lebih tinggi daripada siswa yang bergaya kognitif FI di di grup control. Perhitungan statistik untuk melihat efektivitas pengajaran membaca - menulis terintegrasi pada siswa yang bergaya kognitif FD juga menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Hasil perhitungan statistic menunjukkan bahwa taraf signifikansi yang diperoleh lebih tinggi daripada .05 (Sig .454 Sig .05). Berdasarkan hasil-hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengajaran membaca - menulis terintegrasi tidak efektif dalam pengajaran menulis baik bagi siswa yang bergaya kognitif field-independent maupun siswa yang bergaya kognitif field-dependent.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58681

Actions (login required)

View Item View Item