A correlation between lexical richness and overall quality of argumentative essays written by English Department students / Rizky Lutviana - Repositori Universitas Negeri Malang

A correlation between lexical richness and overall quality of argumentative essays written by English Department students / Rizky Lutviana

Lutviana, Rizky (2014) A correlation between lexical richness and overall quality of argumentative essays written by English Department students / Rizky Lutviana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lutviana Rizky. 2014. Korelasi Antara Kekayaan Diksi dan Keseluruhan Kualitas Esai Argumentasi yang ditulis oleh Siswa Program Bahasa Inggris. Thesis Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) A. Effendi Kadarisman M.A. Ph.D (2) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi M.Pd M.A. 12288 12288 12288 Kata kunci diksi kekayaan kata keseluruhan kualitas esai argumentasi. 12288 12288 12288 Diksi merupakan salah satu aspek dari penilaian karangan esai yang selama ini kurang dianggap penting oleh sebagaian besar pengajar karena mereka cenderung memfokuskan penilaian pada tata bahasa. Selain itu dalam penilaian keseluruhan esai diksi mendapatkan porsi yang sedikit dibandingkan dengan aspek yang lain seperti organisasi isi dan komponen khusus essay (dalam hal ini argumentasi). Sebaliknya teks tertulis seharusnya lebih kaya akan diksi. Brown (2007 398) menuturkan bahwa bahasa tulis memerlukan penggunaan kata yang lebih dari pada bahasa lisan. Penulis yang baik sebaiknya dapat belajar untuk memanfaatkan kekayaan kosa kata Bahasa Inggris dalam mengarang 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kekayaan kata sekaligus menemukan korelasi antara kekayaan diksi dan kualitas keseluruhan esai yang ditulis oleh 42 siswa Program Bahasa Inggris jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Agar dapat menemukan hubungan korelasi dua skor dari subjek yang sama akan dibandingkan yaitu skor kekayaan kata dan kualitas keseluruhan esai. Derajat kekayaan kata diukur dengan menggunakan metode pengukuran oleh Laufer and Nation (1995) yang disebut LFP (Lexical Frequency Profile) (Profil Frekuensi Kosa Kata) yang mengukur seluruh kata dalam karangan berdasarkan proporsi dari 1000 kata awal yang sering muncul 1000 kata kedua yang sering muncul kata akademik dan kata yang tidak terdapat dalam ketiga kategori tersebut. Selanjutnya keseluruhan kualitas esai dinilai dengan menggunakan skoring rubrik analitik yang terdiri dari 4 kategori organisasi isi ciri khas teks dan bahasa. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data dua hal dapat disimpulkan. Pertama proporsi dari LFP siswa jurusan Sastra Inggris Universitas Negeri Malang adalah 87 79% kata yang terkandung dalam karangan siswa adalah 1.000 kata pertama dan kedua yang sering muncul dan 12 24% adalah kata mahir yang terdiri dari kata akademik kata yang jarang muncul kata khusus dan kata benda khusus. Tetapi terdapat perbedaan profil kata antara siswa yang lebih dan kurang mahir. Profil kata dari siswa yang lebih mahir di tunjukkan dengan penggunaan kata mahir yang lebih banyak yaitu sebesar 17 30% sedangkan siswa yang kurang mahir menggunakan kata tersebut hanya sebesar 15.92%. Penemuan ini mengkonfirmasi teori dari Nation (1995 316) yang mencetuskan bahwa kekayaan kata adalah cerminan dari kemampuan bahasa yang lebih baik karena terdapat kecenderungan bahwa siswa yang kurang mahir menggunakan lebih banyak 1.000 kata pertama dan kedua yang sering muncul sedangkan siswa yang lebih mahir menggunakan lebih banyak kata canggih misalnya kata akademik dan kata teknis. 12288 12288 12288 Kedua terdapat korelasi yang kecil dan tidak bermakna ( 961 .18 sig .23) antara kekayaan diksi mahir dan kualitas keseluruhan esai yang ditulis oleh siswa Program Bahasa Inggris jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Hal ini berarti bahwa diksi berkontribusi kecil terhadap kualitas keseluruhan esai argumentasi. Diasumsikan terdapat faktor lain yang terkait dengan diksi yang mempengaruhi kualitas esai argumentasi secara keseluruhan. Di dalam konteks teks argumentasi yang ditulis oleh siswa EFL teori Nation (2000 278) yang mencetuskan bahwa kosakata dapat menjadi indikasi kualitas dari teks tertulis Jelas bahwa kosakata memiliki peran penting di dalam penilaian kualitas dari karya tulis perlu untuk ditinjau ulang. 12288 12288 12288 Terkait dengan penemuan ini disarankan kepada para dosen untuk mendorong mahasiswa agar menggunakan diksi secara efektif dalam karangan. Efektif dalam hal ini adalah menggunakan kata sesuai dengan konteks kalimat. Selain itu pada saat mengajarkan penguatan kata dalam karangan dosen sebaiknya memperhatian kemampuan siswa. Kemudian untuk siswa disarankan untuk berlatih menggunakan kata mahir kedalam karangan sehingga siswa meniliki pengalaman bagaimana menggunakan kata tersebut secara tepat khususnya kedalam konteks kalimat yang tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58680

Actions (login required)

View Item View Item