Putri, Lustia Ritia (2014) The teaching of English for specific purposes in ESP class at State Vocational High School 2 Malang / Lustia Ritia Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Putri Lustia Ritia. 2014. Pengajaran Bahasa Inggris Kejuruan di Kelas Bahasa Inggris Kejuruan di SMK Negeri 2 Malang. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Enny Irawati M.Pd. dan Dr. Mirjam Anugerahwati M.A Kata kunci teknik pengajaran dan Bahasa Inggris Kejuruan. 12288 12288 12288 12288 Dalam belajar Bahasa Inggris siswa SMA Kejuruan tidak dapat dipisahkan dengan Bahasa Inggris untuk Kejuruan. Untuk membantu mereka dalam mendapatkan pekerjaan di dunia kerja Internasional siswa SMK harus menguasai Bahasa Inggris baik aktif maupun pasif. Bahasa Inggris yang harus mereka kuasai adalah Bahasa Inggris yang berhubungan dengan jurusan keahlian mereka. Untuk mendapatkan informasi rinci tentang pengajaran Bahasa Inggris Kejuruan penelitian ini membahas pengajaran Bahasa Inggris Kejuruan di kelas Bahasa Inggris Kejuruan di SMK Negeri 2 Malang. Adapun tujuan penelitian ini meliputi (1) silabus yang digunakan oleh para guru dalam pengajaran Bahasa Inggris Kejuruan (2) teknik pengajaran Bahasa Inggris Kejuruan yang digunakan oleh para guru selama kegiatan pengajaran di kelas berlangsung (3) teknik pengajaran yang cenderung dipakai oleh para guru dalam pengajaran Bahasa Inggris Kejuruan (4) pendapat siswa tentang pengajaran Bahasa Inggris Kejuruan (5) permasalahan yang muncul selama pengajaran Bahasa Inggris Kejuruan berlangsung. Pemilihan topik Bahasa Inggris Kejuruan di SMK ini berdasarkan beberapa alasan. Pertama banyaknya penelitian tentang Bahasa Inggris Kejuruan yang hanya berpusat untuk tingkatan perguruan tinggi dan hanya sedikit penelitian tentang Bahasa Inggris Kejuruan untuk tingkat sekolah menengah khususnya sekolah menengah kejuruan. Kedua program kelas Bahasa Inggris Kejuruan di SMK Negeri 2 Malang masih baru diadakan. Ketiga berdasarkan hasil observasi peneliti sebelumnya keempat guru yang mengajar di kelas Bahasa Inggris Kejuruan tidak memiliki pengalaman mengajar Bahasa Inggris Kejuruan sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah empat guru yang mengajar Bahasa Inggris Kejuruan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa wawancara untuk guru dan siswa lembar observasi catatan lapangan dan dokumen-dokumen yang sesuai. Wawancara dilakukan saat dan setelah observasi. Lembar observasi dan catatan lapangan digunakan selama observasi berlangsung dan dokumen-dokumen yang sesuai digunakan untuk menunjang data yang ada. Setelah mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen tersebut peneliti memulai untuk mengolah data. Pertama peneliti memilah-milah data. Pemilahan dilakukan untuk lebih mudah dalam mengelompokkan data berdasarkan teknik pengajaran yang digunakan oleh guru. Selanjutnya hasil penelitian yang lain juga didapat dari lembar observasi. Data yang didapat dari lembar observasi dijelaskan di catatan lapangan sebagai informasi penunjang dan hasil catatan lapangan adalah segala sesuatu yang terjadi di lapangan. Untuk analisa data yang berasal dari dokumen-dokumen yg sesuai peneliti membacanya terlebih dahulu dengan teliti. Dari hasil proses tersebut data yang sesuai akan digunakan dan yang tidak sesuai akan dihilangkan. Yang terakhir data-data tersebut akan dideskripsikan dan mengerucut pada satu kesimpulan penelitian ini. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian disimpulkan berdasarkan tujuan penelitian. Pertama silabus yang digunakan oleh guru adalah silabus yang mereka buat sendiri. Para guru mengkombinasikan tiga macam silabus yakni silabus berdasarkan situasi silabus berdasarkan topik dan silabus berdasarkan penugasan. Semua kegiatan pengajaran yang terjadi di lapangan sesuai dengan kegiatan yang tercantum pada silabus. Kedua teknik pengajaran yang digunakan oleh para guru adalah role play dan oral presentation. ketiga dari hasil wawancara dengan guru dan siswa semua responden menyatakan bahwa teknik yang efektif adalah Role Play. Keempat pendapat siswa tentang pengajaran Bahasa Inggris Kejuruan adalah pengajaran ini sangat bermanfaat bagi mereka untuk belajar Bahasa Inggris yang sesuai dengan keahlian mereka. Siswa juga tertarik untuk ikut serta dalam kegiatan pembelajaran. Mereka juga menyatakan bahwa teknik yang efektif menurut mereka adalah role play. Mereka juga menyatakan bahwa mereka lebih bisa memahami materi dan membangun rasa percaya diri mereka untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Selama penelitian peneliti menemukan beberapa masalah yang muncul yang dihadapi oleh guru dan siswa. Permasalahan yang dihadapi guru adalah tidak tersedianya buku pegangan untuk guru dan siswa. Selain itu juga susahnya memaksimalkan pengaplikasian role play di kelas besar. Permasalahan yang dihadapi siswa adalah kurangnya daya konsentrasi and penguasaan kosa kata Bahasa Inggris sehingga membuat mereka sulit untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian peneliti memberikan beberapa saran kepada guru Bahasa Inggris dan peneliti yang lain. Pertama guru Bahasa Inggris yang mengajar Bahasa Inggris Kejuruan di SMK agar lebih bisa membuat aktifitas role play lebih menarik lagi. Teknik role play ini bisa dipertimbangkan untuk digunakan dalam pengajaran Bahasa Inggris Kejuruan yang sesuai dan bermanfaat untuk membuat siswa dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Poin yang lain berhubungan dengan kelas besar. Apabila para guru Bahasa Inggris mengajar Bahasa Inggris Kejuruan di kelas besar alternatif solusinya adalah saat satu kelompok maju ke depan kelas untuk menampilkan role play kelompok yang lain diberi tugas untuk mencatat semua informasi yang diperoleh dari penampilan kelompok yang maju ke depan. Setelah itu masing-masing kelompok harus mengumpulkan catatan tersebut untuk mendapatkan nilai. Jadi dari kegiatan ini para siswa akan memperhatikan penampilan temannya saat maju ke depan. Peneliti yang lain yang ingin meneliti permasalahan yang sama disarankan untuk melakukan penelitian di ruang lingkup yang lebih luas tidak hanya meneliti satu sekolah tetapi beberapa sekolah SMK yang memiliki program kelas Bahasa Inggris Kejuruan. Jadi dari hasil penelitian berikutnya bisa memberikan hasil yang berbeda dan memperkaya ilmu pengetahuan tentang pengajaran Bahasa Inggris Kejuruan untuk tingkatan sekolah menengah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |