Kusuma, Raka Prastya Bagus Jati (2014) The effect of using web materials on the ability in writing descriptive texts of the eight graders of SMPN 2 Papar Kediri / Raka Prastya Bagus Jati Kusuma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kusuma Raka Prastya Bagus Jati. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Web Materials terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Papar Kediri. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. (II) Drs. A. Effendi Kadarisman M.A. Ph.D. Kata kunci pengaruh web materials menulis teks deskriptif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah banyak digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam Pelajaran Bahasa Inggris TIK dapat digunakan untuk mengajar menulis. Web Materials termasuk salah satu teknologi Internet yang digunakan dalam penelitian ini. Web Materials berisi banyak materi dan informasi yang dapat digunakan siswa untuk memperoleh pengetahuan dalam menulis teks deskriptif. Teks deskriptif adalah sebuah teks yang mendeskripsikan seseorang tempat atau suatu objek. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh dari penggunaan Web Materials terhadap kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas VIII. Penelitian ini mengimplementasikan desain quasi-experimental dengan desain nonequivalent control group pre-test/post-test. Desain ini melibatkan dua kelas yakni kelompok eksperimen dan kelompok control sebagai subjek penelitian. Siswa kelas VIII SMPN 2 Papar dipilih yang mana Kelas 8A sebagai kelompok eksperimen dan Kelas 8B sebagai kelompok control. Kelas 8A terdiri dari 36 siswa dan Kelas 8B terdiri dari 38 siswa. Kedua kelas ini dipilih berdasarkan hasil tes normalitas dan homogenitas dari tes uji coba yang menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan awal yang sama dalam menulis teks deskriptif. Instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa adalah tes menulis dan angket. Dalam menguji hipotesis peneliti menggunakan uji-t (t-test for independent samples) untuk menganalisis skor post-test jika normalitas dan homogenitas skor pre-test terpenuhi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor post-test siswa normal dan homogen. Dengan demikian uji-t digunakan untuk menjawab hipotesis. Dari hasil olah data ditemukan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen (72.05) lebih tinggi daripada kelompok control (61.42). Uji-t pada taraf signikansi () 0.05 atau taraf kepercayaan 95% (dua arah) dan derajat bebas (db) 72 juga menemukan nilai signifikan (p) 0.000 0.05 dan t hitung (5.836) t tabel (72 0.05) (1.993). Hasil ini mengindikasikan bahwa hipotesis nol ditolak. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan signifikan dari hasil post-test kelompok eksperimen dan kelompok control. Karena adanya perbedaan yang signifikan peneliti menarik kesimpulan bahwa siswa yang diajar menggunakan media Web Materials memperoleh nilai yang lebih tinggi dalam menulis teks deskriptif daripada siswa yang tidak diajar menggunakan media Web Materials.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |