The effect of working in heterogeneous and homogeneous pair on the students' writing skill / Humairah Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of working in heterogeneous and homogeneous pair on the students' writing skill / Humairah Fauziah

Fauziah, Humairah (2014) The effect of working in heterogeneous and homogeneous pair on the students' writing skill / Humairah Fauziah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fauziah Humairah. 2014. The Effect of Working in Heterogeneous and Homogeneous Pair on the Students Writing Ability. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Mohammad Adnan Lathief M.A. PhD (2) Dr. Enny Irawati M.Pd Kata kunci menulis secara individu menulis secara kolaboratif pasangan homogen pasangan heterogen. 12288 12288 12288 12288 Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bekerja dalam pasangan homogen dan heterogen pada kemampuan menulis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental semu yang tidak memerlukan teknik random sampling untuk memilih sampel. Subyek penelitian adalah 40 siswa yang dipilih dari dua kelas menulis. 12288 12288 12288 12288 Setelah menentukan kelas sebagai kelompok homogen atau heterogen yang dilakukan secara acak peserta dikelompokkan menjadi mahasiswa berprestasi tinggi dan rendah berdasarkan skor pretest mereka. Kelompok homogen terdiri dari 20 peserta dipasangkan dengan teman mereka yang memiliki skor pretest yang sama sedangkan kelompok heterogen terdiri dari 20 peserta dipasangkan dengan mahasiswa yang memiliki skor pretest tinggi atau lebih rendah. Kemudian mereka mengerjakan tiga macam tugas menulis esai deskriptif. 12288 12288 12288 12288 Empat pertanyaan penelitian dan tiga hipotesis diuji dan dianalisis menggunakan pengukuran rata-rata distribusi normal sebagai statistik deskriptif dan uji t sebagai statistik inferensial untuk membandingkan skor posttest mahasiswa pada kedua kelompok . 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok heterogen memiliki effek yang lebih unggul pada kemampuan menulis siswa. Penyelidikan lebih lanjut pada mahasiswa berprestasi tinggi dan rendah ditemukan bahwa mahasiwa yang berprestasi tinggi pada kedua kelompok tidak berbeda sedangkan mahasiswa berprestasi rendah dalam kelompok heterogen menunjukkan kemampuan menulis lebih baik daripada rekan-rekan mereka dalam kelompok homogen . Ini berarti bahwa pengelompokan homogen tidak mempengaruhi kemampuan menulis siswa sedangkan pengelompokan heterogen hanya mempengaruhi mahasiswa yang berprestasi rendah. Selanjutnya hasil kuesioner menemukan bahwa para peserta dalam kelompok heterogen memiliki sikap yang lebih positif terhadap pekerjaan kolaboratif dibanding kelompok homogen. Survei ini mungkin menjadi salah satu faktor mengapa metode pengelompokan homogen tidak bisa mendorong siswa untuk mendapatkan kemampuan menulis yang lebih baik dari pada pengelompokan secara heterogen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58676

Actions (login required)

View Item View Item