Utilizing English sings to improve the listening skill of the seventh graders at Public Junior High School 2 Pakuniran / Mahmudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Utilizing English sings to improve the listening skill of the seventh graders at Public Junior High School 2 Pakuniran / Mahmudin

Mahmudin (2014) Utilizing English sings to improve the listening skill of the seventh graders at Public Junior High School 2 Pakuniran / Mahmudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahmudin. 2013. Menggunakan Lagu-lagu Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Siswa Kelas Tujuh di SMP Negeri 2 Pakuniran. Thesis Program Pasca Sarjana di Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd. M.Ed. (2) Dr. Enny Irawati M.Pd. Kata-kata kunci Kemampuan mendengarkan Bahasa Inggris partisipasi. Kemampuan dalam mendengarkan membantu siswa memperoleh pengetahuan serta memahami informasi. Kalau kemampuan mendengar rendah seorang siswa tidak bisa terlibat dengan baik dalam berkomunikasi karena dia tidak mampu menangkap kata-kata serta mencerna pesannya. Untuk mengatasi masalah itu peneliti menerapkan strategi lagu-lagu Bahasa Inggris dalam mengajarkan kemampuan mendengarkan Ia berpandangan murid-murid sangat menyukai musik mereka selalu mendengarkan lagu-lagu sepanjang waktu mereka. Hal ini membantu mereka menambah jumlah dalam mendengarkan Bahasa Inggris dari penutur asli. Penelitian ini menjelaskan sebuat strategi yang efektif dari penggunaan lagu-lagu Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan serta meningkatkan partisipasi murid-murid kelas tujuh di SMP Negeri 2 Pakuniran Probolinggo dalam belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Peneliti dan peninjau bekerja sama dalam mendesain rencana pembelajaran menerapkan tindakan meninjau tindakan dan mengkaji ulang. Penelitian ini dilaksanakan hanya dalam satu siklus dalam tiga pertemuan karena kemampuan mendengarkan dan partisipasi siswa dalam kelas telah mencapai kreteria kesuksesan. Penemuan ini menunjukkan bahwa penggunaan lagu Bahasa Inggris dalam penelitian ini dinilai sukses. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian uji kemampuan mendengarkan siswa yang mencapai kreteria keberhasilan (70). Disamping peningkatkan partisipasi siswa 73% pada pertemuan satu menjadi 89% pada pertemuan tiga. Dalam penerapan strategi ini peneliti membagi aktivitas ke dalam pra-dengar mendengar dan akhir-dengar. Pada pra-dengar peneliti menggali informasi pengetahuan awal siswa. Dalam inti-dengar peneliti menunjukkan lirik lagu pada murid-murid setelah itu membacanya yang diikuti siswa. Selanjutnya peneliti memutar lagu dan siswa mendengarkannya saja. Selanjutnya mereka diminta bernyanyi menirukan lagu dan kemudian bernyanyi sendiri kegiatan ini diakhiri dengan murid-murid mengerjakan latihan dan mengartikan lirik lagu pada akhir-dengar siswa diingatkan kembali tentang pelajaran yang telah dilakukan dan juga diberikan waktu untuk menilai dan mengomentari penggunaan teknik ini selama proses belajar mengajar. Merujuk pada penemuan dari penelitian ini peneliti menganjurkan agar guru-guru Bahasa Inggris menggunakan strategi ini untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan dan partisipasi murid-murid dalam kegiatan belajar mengajar produser hiburan agar menerbitkan rekaman materi lagu-lagu Bahasa Inggris terakhir untuk peneliti yang lain penelitian ini memberikan pengetahuan dan referensi baru dalam melakukan penelitian lain dengan menggunakan lagu-lagu Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58675

Actions (login required)

View Item View Item