Using speed reading and extensive reading activities to improve students' reading fluency at SMAN 1 Malang / Sri Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Using speed reading and extensive reading activities to improve students' reading fluency at SMAN 1 Malang / Sri Wardani

Sri, Wardani (2014) Using speed reading and extensive reading activities to improve students' reading fluency at SMAN 1 Malang / Sri Wardani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wardani Sri. 2014. Using Speed Reading and Extensive Reading Activities to improve Students Reading Fluency at SMAN 1 Malang. Thesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Enny Irawati M.Pd. (2) Dr. Arwijati Wahyudi Murdibjono M.Pd. Dip. TESL. Key Words Speed Reading Extensive Reading Reading Fluency. Berdasarkan pengalaman peneliti dalam proses mengajar membaca dan penelitian awal di SMAN 1 Malang peneliti menemukan beberapa masalah antara lain kelancaran membaca dalam hal ini rata-rata membaca dan pemahaman membaca siswa lemah dilihat dari rata-rata nilai dalam pemahaman membaca siswa adalah 73.83 dan rata-rata dalam membaca hanya 112.61 kata per menit. Ini berarti siswa belum lancar dalam membaca dan motivasi dalam membaca rendah. Ini disebabkan oleh siswa malas membaca teks yang panjang guru hanya fokus pada pemahaman membaca dan guru menggunakan teknik yg kurang bervariasi dalam mengajar membaca. Untuk menyelesaikan masalah tersebut peneliti mengajukan kegiatan Speed Reading dan Extensive Reading. Penelitan ini dirancang untuk meningkatkan kelancaran membaca siswa. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana Speed Reading dan Extensive Reading dapat meningkatkan kelancaran membaca siswa di SMAN 1 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan penerapan pengamatan dan refleksi dari penerapan kegiatan. Subyek penelitian adalah kelas X- MIA 2 dengan jumlah siswa 31 pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kelancaran membaca lembar obsevasi catatan lapangan dan kuisioner. Materi yang digunakan mengacu pada silabus di kurikulum 2013 dengan jenis teks yang diajarkan di semester dua yaitu teks narratif dan berita. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus siklus pertama terdiri dari 6 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 4 pertemuan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur yang paling sesuai dalam penerapan kegiatan Speed Reading dan Extensive Reading dalam proses belajar mengajar kelancaran membaca dibagi dalam 3 tahap tahap pertama adalah tahap kegiatan awal (1) menunjukkan gambar kepada siswa dan memberikan beberapa pertanyaan lisan yang berhubungan dengan gambar (2) menyuruh siswa memprediksi topik yang akan dipelajari (3) meminta siswa menyebutkan kata-kata sebanyak mungkin yang berhubungan dengan teks. Tahap kedua adalah kegiatan inti (1) menyuruh siswa membaca tek dalam hati dengan waktu yang dibatasi (2) menyuruh siswa mengisi waktu baca siswa (3) menyuruh siswa menjawab pertenyaan tanpa melihat teks (4) membahas jawaban dan kata kata yang sulit dalam teks (5) menyuruh siswa mengidentifikasi susunan teks ciri kebahasaan ide pokok secara berpasangan (6) menyuruh siswa berdiskusi tentang budaya dari negara yang ada dalam teks secara berkelompok yang terdiri dari 5 siswa (7) melaporkan hasil diskusi. Tahap ketiga adalah kegiatan akhir (1) meminta siswa untuk menanyakan hal hal yang belum jelas (2) menyuruh siswa mengerjakan kuis tentang kelancaran membaca siswa (3) memberi tugas siswa untuk membaca 2 teks per minggu di luar kelas dan membuat laporan tentang teks dengan cara mengisi laporan membaca. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Speed Reading dan Extensive Reading berhasil meningkatkan kelancaran membaca siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan prosentase keberhasilan pada tiap siklus yaitu 48% (siklus 1) dan 80.65% (siklus 2). Skor tersebut telah memenuhi criteria kesuksesan dalam penerapan kegiatan Speed Reading dan Extensive Reading yang telah ditetapkan yaitu meningkatnya kelancaran membaca siswa hasil di siklus 1 rata-rata kecepatan membaca siswa 224.53 kata per menit dan kemampuan membaca 81.19 dan di siklus 2 rata-rata kecepatan membaca 268.74 dan kemampuan pemahaman membaca siswa 82.06. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan dalam menggunakan Speed Reading dan Extensive Reading dalam proses belajar mengajar membaca adalah efektif untuk meningkatkan kelancaran membaca teks naratif dan berita.Lebih lanjut siswa aktif di kelas dengan menggunakan kegiatan Speed Reading dan Extensive Reading dalam berbagi ide bermain peran dan menjawab pertanyaan. Opini siswa terhadap penerapan kegiatan Speed Reading dan Extensive Reading juga positif. Disarankan untuk guru bahasa inggris khususnya dalam mengajar membaca untuk menggunakan Speed Reading dan Extensive Reading karena teknik ini dapat meningkatkan kelancaran membaca siswa. Juga disarankan untuk peneliti berikutnya dapat menerapkan aktifitas ini lebih variasi dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58674

Actions (login required)

View Item View Item