The effectiveness of semantically related words and unrelated words in teaching vocabulary for seventh graders / Anggi Mutia Marsaulina - Repositori Universitas Negeri Malang

The effectiveness of semantically related words and unrelated words in teaching vocabulary for seventh graders / Anggi Mutia Marsaulina

Marsaulina, Anggi Mutia (2014) The effectiveness of semantically related words and unrelated words in teaching vocabulary for seventh graders / Anggi Mutia Marsaulina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Marsaulina Anggi Mutia 2011. Efektifitas Semantically Related Words and Unrelated Words dalam Pengajaran Vocabulary.Tesis Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. M. Adnan Latief M.A. Ph.D. (2) Dr. Emalia Iragiliati M.Pd. Kata kunci Semantically Related Words dan Unrelated Words pengajaran Vocabulary 12288 12288 12288 12288 Semantically Related Words dan Unrelated Words merupakan strategi pembelajaran yang telah diteliti dan diuji efektifitasnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektifitas strategi Semantically Related Words dan Unrelated Words sebagai strategi terhadap kemampuan Vocabulary siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang menggunakan desain Posttest Only Design. Kelas Experimental A dan Experimental B memiliki jumlah siswa yang sama yaitu 27 orang. Dengan demikian 54 orang siswa menjadi subyek dalam penelitian ini. Pemberian treatment kepada dua kelas dilakukan selama 4 pertemuan dengan posttest di pertemuan terakhir. Instrument yang dipakai adalah tes kemampuan Vocabulary. Untuk mengetahui hasil akhir posttest dan untuk menguji beda skor dari dua kelas Independent t-test digunakan dalam analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Semantically Related Words mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan Vocabulary siswa. Selama proses pembelajaran siswa di kelas Experimental A berperan aktif dalam proses tersebut sehingga meraih skor lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dikelas Experimental B. Nilai rata-rata yang diperoleh kelas Experimental A adalah 47.296 sedangkan kelas Experimental B adalah 40.851. Uji statistik menggunakan independent t-test menunjukkan bahwa probabilitas diperoleh sebesar 0 000 yang mana nilai ini lebih rendah dari 5% signifikansi level. Kemudian dengan df 52 dan nilai rasio dari t sebesar 11 376 yang mana lebih besar dari 2 039. Sehubungan dengan hasil penelitian tersebut maka disarankan pada pengajar Bahasa Inggris baik guru maupun dosen untuk menerapkan metode Semantically related words karena strategi ini sudah teruji efektif terhadap kemampuan Vocabulary siswa. Dan juga para pengajar mempertimbangkan materi yang digunakan di dalam kelas yang sesuai dengan berbagai strategi pembelajaran. Pada awal pengajaran pengajar dapat menggunakan Semantically related words untuk tahap awal dan untuk level yang lebih tinggi bias menggunakan metode Unrelated Word.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58673

Actions (login required)

View Item View Item