Rahman, Lalu Isnaeni (2014) Successful learners' learning strategies at The English Department of "STKIP PGRI Blitar" / Lalu Isnaeni Rahman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahman Lalu Isnaeni. 2014. Strategi Belajar Siswa Sukses di Departemen Bahasa Inggris STKIP PGRI Blitar. Thesis Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Fachrurrazy M.A. Ph.D. (2) Dr. Arwijati Wahyudi M.Pd Dip TESL. Kata kunci Strategi belajar siswa Siswa yang sukses 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi belajar siswa di Departemen Bahasa Inggris STKIP PGRI Blitar. Peneliti tertarik untuk mencari tahu apa saja strategi belajar yang mereka gunakan untuk mendapatkan IPK tertinggi dan sekaligus dianggap sebagai siswa yang sukses. 12288 12288 12288 12288 Studi kasus kualitatif adalah desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini karena fakta bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan merefleksikan proses pembelajaran yang telah dilakukan dan telah membuat siswa menjadi siswa yang sukses. Penelitian ini memerlukan interaksi dengan subyek yang diteliti. Metode penelitian studi kasus digunakan untuk mendapatkan data tentang siswa tertentu. Subjek dalam penelitian ini dipilih berdasarkan skor mereka ( IPK ). Subyek yang mendapatkan skor tertinggi dipilih sebagai subyek dari kelas yang berbeda pada semester yang sama yakni semester 4 mengingat bahwa mereka telah mencapai cukup pengalaman dari semester sebelumnya. Mereka adalah lima responden yang belajar di Jurusan Bahasa Inggris di semester empat. Ada dua perempuan dan tiga laki-laki. 12288 12288 12288 12288 Peneliti mengumpulkan data melalui mencatat dan wawancara. Setelah itu hasil penelitian yang masih mentah yang sudah dipilih disederhanakan dan diorganisir yang mengacu pada masalah penelitian yang sedang diteliti. Setelah itu data yang sudah dipilih disederhanakan dan yang sudah terorganisir ditampilkan dengan hati-hati. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah mecatat dan wawancara secara mendalam. Instrumen pertama adalah catatan lapangan yang merupakan suplemen penting untuk mengumpulkan data dalam bentuk catatan tertulis tentang apa yang peneliti dengarkan lihat alami dan pikirkan. Instrumen kedua adalah wawancara yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang karakteristik siswa berkaitan dengan strategi yang diterapkan oleh mereka. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa siswa pada tingkat Universitas menggunakan berbagai macam strategi. Menurut hasil yang didapat oleh peneliti kelima siswa menggunakan strategi belajar dalam proses pembelajaran mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan strategi belajar secara individu dan tergantung pada pengalaman masa lalu siswa tersebut dan konteks kehidupan saat ini. Selain itu pemilihan strategi ini dilakukan dengan sadar tergantung pada kebutuhan untuk mengakomodasi dan memajukan kemampuan mereka. Strategi belajar mereka adalah sebagai berikut meninjau dengan baik berlatih menerima dan mengirim pesan menebak dengan cerdas mengatasi keterbatasan dalam berbicara dan menulis memusatkan belajar mengatur dan perencanaan belajar menurunkan kecemasan mengambil kondisi keemosional dan bekerja sama dengan orang lain. 12288 12288 12288 12288 Dengan hasil yang sudah ditemukan para guru diharapkan untuk menggabungkan strategi belajar dalam metode pengajaran mereka dan teknik pendekatan mereka melatih siswa untuk menerapkan strategi yang tepat untuk tujuan tertentu atau bidang keahlian tertentu dan mendorong mereka untuk menggunakan strategi sesering mungkin. Oleh karena itu pelatihan harus ditujukan untuk mengekspos siswa untuk mendapatkan gambaran yang lebih bervariasi tentang bagaimana strategi tertentu dipraktikan oleh pelajar lain. Kemudian kunci dasar kesuksesan yang bisa diambil dari siswa tersebut adalah semakin banyak strategi belajar yang dipakai lebih terbuka kemungkinan untuk menjadi sukses. Dengan demikian untuk berhasil siswa dituntut untuk memiliki lebih banyak keberanian untuk mencoba berbagai jenis strategi belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58672 |
Actions (login required)
View Item |