Developing blended-learning based syllabus for students of general English at Pearl English Centre, Mojokerto / Putri Gayatri - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing blended-learning based syllabus for students of general English at Pearl English Centre, Mojokerto / Putri Gayatri

Gayatri, Putri (2014) Developing blended-learning based syllabus for students of general English at Pearl English Centre, Mojokerto / Putri Gayatri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gayatri Putri. 2013. Developing Blended-Learning Based Syllabus for Students of General English at Pearl English Centre Mojokerto. Thesis. Graduate Program in English Language Teaching. Advisors (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd M.A. Ph.D. (II) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi M.Pd M.A. Kata kunci blended learning syllabus general English 12288 12288 12288 12288 Saat ini menguasai bahasa Inggris adalah suatu keharusan bagi siapa saja yang ingin berkompetisi di era globalisasi. Namun masih saja ada beberapa orang yang merasa bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang sulit untuk dikuasai mereka memiliki kebutuhan yang mendesak akan bahasa Inggris namun memiliki kompetensi berbahasa Inggris yang lemah. Oleh karena itu Pearl English Centre (PEC) Mojokerto memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa Inggris secara insentif. Kursus insentif bahasa Inggris ini ditujukan untuk peserta didik usia dewasa yakni para mahasiswa dan pekerja yang ingin menguasai bahasa Inggris umum. PEC membantu peserta didik untuk menguasai bahasa Inggris dengan baik dalam kehidupan sehari-hari baik secara lisan maupun tulis. Program kursus ini dirancang untuk enam bulan dimana peserta didik diharuskan hadir lima kali dalam satu minggu. Proses belajar yang insentif ini akan membantu peserta didik menguasai bahasa Inggris dengan baik walaupun mereka memiliki kemampuan yang rendah di awal kursus. Sayangnya kebanyakan peserta didik tidak dapat hadir lima kali dalam satu minggu karena berbagai macam kesibukan. Oleh sebab itu dipakailah program blended learning. 12288 12288 12288 12288 Blended learning merupakan kombinasi antara pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran secara online melalui website PEC. Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian and kajian pustaka blended learning dipercaya sebagai suatu cara belajar yang baik untuk peserta didik dewasa dalam mempelajari bahasa Inggris. Dengan adanya program blended learning peserta didik hanya datang ke kelas dua kali dalam satu minggu sementara di hari-hari lain mereka dapat mempelajari materi secara online kapanpun dan dimanapun. Namun rencana pembelajaran yang tidak jelas menyebabkan proses belajar mengajar tidak dapat berjalan dengan baik. Peneliti menemukan bahwa tidak ada silabus yang jelas dan cocok untuk program blended learning di PEC. Ketiadaan silabus ini menyebabkan peserta didik tidak mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. 12288 12288 12288 12288 Peneliti kemudian mengembangkan blended learning based syllabus untuk kelas general English di Pearl English Centre dengan menggunakan penelitian pengembangan (research and development). Peneliti mengadaptasi langkah-langkah language program modification yang dipromotori oleh Yalden (1983). Lebih jauh langkah tersebut dikombinasikan dengan blended learning curriculum model yang dirancang oleh Huang and Zhou (2006). Dalam pelaksanaannya peneliti melakukan survey tentang kebutuhan peserta didik mengevaluasi kembali dokumen-dokumen penunjang proses belajar mengajar melakukan wawancara terhadap instruktur PEC dan wawancara terhadap pimpinan PEC. Peneliti kemudian membandingkan deskripsi tujuan pembelajaran dari silabus yang tersedia dengan hasil dari survey untuk membuat tujuan pembelajaran baru yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Setelah itu peneliti mengkaji berbagai tipe silabus yang diperkenalkan oleh Kranhke (1987) dan memutuskan untuk mengkombinasikan silabus notional/functional situational dan structural untuk program blended learning. Setelah menyeleksi tipe silabus peneliti membuat proto dan pedagogical syllabus. 12288 12288 12288 12288 Setelah silabus selesai dikembangkan peneliti meminta dua orang ahli yakni satu dosen pasca sarjana Universitas Negeri Malang dan seorang lagi instruktur dari Pearl English Centre untuk menilai silabus yang telah dikembangkan. Peneliti mendapatkan saran untuk merevisi bagian struktur kursus dan memperjelas bagian indikator dalam silabus agar lebih spesifik. Setelah merevisi silabus sesuai dengan saran yang diberikan oleh ahli peneliti melakukan uji coba produk. Subjek untuk uji coba ini adalah instruktur dari Pearl English Centre. Instruktur ini diminta untuk mengembangkan rencana pembelajaran dari silabus yang diberikan. Hasil dari uji coba menunjukkan bahwa dengan silabus yang diberikan oleh peneliti instruktur dapat dengan mudah mengembangkan rencana pembelajaran yang baik untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Untuk mendukung diterimanya blended learning based syllabus wawancara terhadap instruktur PEC pun dilakukan. Dari hasil wawancara tersebut diketahui bahwa silabus yang dikembangkan sangat membantu instruktur PEC. 12288 12288 12288 12288 Hasil akhir dari blended learning based syllabus ini terdiri dari beberapa bagian. Pada bagian awal terdapat informasi tentang bagaimana cara menggunakan silabus struktur dari proses belajar mengajar kebijakan/peraturan selama proses belajar mengajar media yang diperlukan selama proses belajar mengajar dan cara penilaian selama proses belajar mengajar. Selain itu silabus ini juga terdiri dari standar kompetensi kompetensi dasar indikator topik/materi ajar pengalaman belajar penilaian alokasi waktu dan sumber ajar. Karena silabus ini terdiri dari kegiatan pembelajaran di kelas dan online maka peneliti juga memberikan lampiran khusus yang berisi informasi detil tentang materi pengalaman belajar dan penilaian. Sebagai tambahan terdapat pula beberapa contoh rencana pembelajaran dan materi ajar untuk memudahkan pengguna dari silabus dalam mengambangkan rencana pembelajaran dan materi ajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58671

Actions (login required)

View Item View Item