Lusiana, Ervin (2014) The practice of teaching English in excellent classes at Madrasah Tsanawiyah Negeri Tuban / Ervin Lusiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lusiana Ervin. 2013. Praktek Pengajaran Bahasa Inggris pada kelas unggulan di Madarasah Tsanawiyah Negeri Tuban. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Program Pasca Sarjana Universitas negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. (II) Dr. Enny Irawati M.Pd. Kata Kunci Pengajaran Bahasa Inggris kelas Unggulan Madarasah Tsanawiyah Negeri Tuban Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktek pengajaran bahasa Inggris pada kelas unggulan di Madarasah Tsanawiyah Negeri Tuban. Subyek penelitian adalah guru dan siswa dari kelas unggulan yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Penelitian ini mencakup proses pengajaran Bahasa Inggris bahan ajar media ajar fasilitas penilaian dan hasil pembelajaran. Dalam penelitian ini desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Untuk mengumpulkan data instrument yang digunakan adalah pedoman wawancara dan catatan lapangan. Data dan sumber data adalah apa yang guru lakukan di kelas berkenaan dengan masalah penelitian. Data tambahan juga diambil dari guru dengan cara wawancara. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dokumentasi dan wawancara. Kemudian data ditafsirkan dengan menggunakan analisis deskriptif untuk mendapatkan analisa yang memiliki relevansi dengan permasalahan penelitian. Berdasarkan hasil observasi dan interview hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Inggris pada Kelas Unggulan dari siswa kelas delapan MTsN Tuban pada tahun akademik 2012/2013 masih jauh dari ekspektasi. Hal ini bisa dilihat dari proses pengajaran bahasa Inggris bahan ajar yang digunakan guru media pembelajaran fasilitas belajar penilaian yang digunakan oleh guru dan hasil pembelajaran. Pertama guru tidak menggunakan strategi pengajaran yang sesuai untuk menunjang siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar. Kedua bahan ajar yang digunakan guru kurang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa dan monoton dari segi isi dan cara penyampaian. Ketiga guru jarang menggunakan secara optimal media pembelajaran yang tersedia di sekolah seperti LCD dan speaker. Keempat penggunaan fasilitas pengajaran seperti laboratorium bahasa tidak dikelola dengan baik terutama dalam hal jadwal. Kelima jenis penilaian yang digunakan oleh guru sangat sederhana seperti tugas kelas pekerjaan rumah Ulangan tengah semester dan ujian akhir. Terakhir sebagian besar hasil pembelajaran masih jauh dari harapan dalam hal standar kompetensi dan kompetensi dasar yang tertera dalam kurikulum masih digunakan saat ini. Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut disarankan beberapa hal. Pertama bagi guru yang mengajar Bahasa Inggris seharusnya mengetahui lebih dalam tujuan pembelajaran sebelum melakukan pengajaran dan kegiatan belajar sehingga guru dapat memiliki strategi pengajaran yang sesuai dan memenuhi tujuan pembelajaran. Kedua berkaitan dengan bahan ajar yang digunakan disarankan bagi guru untuk memperkaya bahan ajar dalam konteks isi dan presentasi sehingga bahan ajar tersebut lebih bervariasi. Ketiga untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar Inggris disarankan bagi guru untuk menggunakan media audio visual yang telah disediakan oleh sekolah. Keempat terkait dengan fasilitas tersebut disarankan bagi guru untuk memiliki koordinasi yang baik antara satu guru dan satu lagi dalam hal penjadwalan untuk mengoptimalkan penggunaan fasilitas yang tersedia di sekolah seperti laboratorium bahasa dan laboratorium komputer. Kelima terkait dengan penilaian disarankan bagi guru untuk menggunakan instrumen lain dalam menilai siswa selain tugas dan tes. Terakhir terkait terhadap hasil pembelajaran disarankan bagi guru untuk memiliki pengetahuan lebih banyak tentang isu-isu terbaru tentang pengajaran bahasa Inggris dengan segenap cara untuk meningkatkan kualitas hasil belajar. Kepala sekolah disarankan untuk memberikan lebih banyak kontribusi dan upaya terhadap pelaksanaan pengajaran bahasa Inggris seperti mengadakan program program untuk meningkatkan kualitas guru dalam mengajar siswa. Selain kepala sekolah guru juga bertanggung jawab untuk memonitor dan mengontrol dalam hal penggunakan fasilitas dan media yang disediakan oleh sekolah. Di masa yang akan datang juga disarankan untuk peneliti selanjutnya melakukan penelitian lebih lanjut dengan subyek dan ruang lingkup yang lebih luas. Sebab untuk dapat memiliki kualitas peserta didik yang baik banyak aspek yang harus dipahami lebih mendalam melalui penelitian sebelum implementasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58670 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |