Peningkatan hasil belajar subtema Keindahan Alam Negeriku melalui media pohon pintar pada siswa kelas IV SDN 5 Ngunut Kabupaten Tulungagung / Fitria Andriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar subtema Keindahan Alam Negeriku melalui media pohon pintar pada siswa kelas IV SDN 5 Ngunut Kabupaten Tulungagung / Fitria Andriyani

Andriyani, Fitria (2015) Peningkatan hasil belajar subtema Keindahan Alam Negeriku melalui media pohon pintar pada siswa kelas IV SDN 5 Ngunut Kabupaten Tulungagung / Fitria Andriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Andriyani Fitria. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Subtema Keindahan Alam Negeriku Melalui Media Pohon Pintar pada Siswa Kelas IV SDN 5 Ngunut Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tri Murti S.Pd M.Pd (II) Dra. Hj. Sri Murdiyah M.Pd. Kata kunci peningkatan hasil belajar keindahan alam negeriku pohon pintar. Berdasarkan observasi ditemukan bahwa proses pembelajaran masih bersifat konvensional tergolong teacher centered dimana guru hanya menjelaskan saja dengan bantuan buku paket serta papan tulis dan guru tidak menggunakan media yang menarik sehingga kondisi kelas ramai siswa kurang aktif dan siswa bermain sendiri. Dari permasalahan di atas mengakibatkan hasil belajar siswa rendah sehingga dapat diatasi dengan pembelajaran melalui media pohon pintar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan media pohon pintar untuk meningkatkan hasil belajar siswa (2) mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran pohon pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada subtema Keindahan Alam Negeriku di SDN 5 Ngunut Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Setiap siklus dilakukan dalam 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara tes akhir catatan lapangan dan dokumentasi sedangkan instrumennya berupa lembar observasi lembar wawancara lembar catatan lapangan soal tes akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pohon pintar dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Dalam proses pembelajaran siswa terlibat aktif dalam penggunaan media sehingga keaktifan tanggung jawab percaya diri kerja sama ketepatan penggunaan media dan kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan mengalami peningkatan serta hasil belajarnya juga meningkat. Hal ini dapat diketahui pada tahap pratindakan nilai rata-rata siswa mencapai 73.74 dengan ketuntasan klasikal sebesar 44.4% pada pelaksanaan siklus I mencapai 66.76 dengan ketuntasan klasikal 46.15% dan pada pelaksanaan siklus II mencapai 83.37 dengan ketuntasan klasikal 88.9%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan penggunaan media pohon pintar dapat melibatkan aktif siswa dalam pembelajaran sehingga keaktifan tanggung jawab percaya diri kerja sama ketepatan penggunaan media dan kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan mengalami peningkatan serta hasil belajarnya juga meningkat. Dari penelitian ini disarankan bahwa guru hendaknya menggunakan media pohon pintar untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sehari-hari baik pada subtema Keindahan Alam Negeriku maupun subtema yang lain dan 3 siswa yang belum tuntas perlu diadakannya program remidial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5867

Actions (login required)

View Item View Item