Strategies in teaching reading comprehension for slow learners at SMPLB Dr. Idayu 2 Malang / Nostalgianti Citra Prystiananta

Prystiananta, Nostalgianti Citra (2013) Strategies in teaching reading comprehension for slow learners at SMPLB Dr. Idayu 2 Malang / Nostalgianti Citra Prystiananta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Citra,Nostalgianti. 2013. Strategies in Teaching Reading Comprehension for Slow Learners at SMPLB Dr.Idayu 2 Malang. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D., (2) Dr. Enny Irawati,M.Pd. Kata kunci: strategi mengajar, membaca, anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajar pemahaman membaca untuk anak tunagrahita dan alasan guru menggunakan semua strategi dalam mengajar pemahaman membaca untuk anak tunagrahita di SMPLB Dr. Idayu 2 Malang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Yang menjadi subjek penelitian adalah seorang guru Bahasa Inggris dari SMPLB Dr.Idayu 2 Malang.Peneliti memilih satu kelas yang terdiri dari empat siswa terutama kelas delapan karena hanya kelas ini dimana ada anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan lembar observasi daftar nama strategi, catatan lapangan, kamera video, panduan dan format interview. Data dikumpulkan melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi untuk menemukan strategi guru dalam mengajar pemahaman membaca untuk anak tunagrahita. Catatan lapangan digunakan untuk menggambarkan apa yang diobservasi dan pengalaman selama mengoleksi data. Kamera video digunakan untuk merekam strategi guru dalam kelas membaca. Wawancara digunakan untuk mengetahui alasan guru menggunakan dominan strategi dalam mengajar pemahaman membaca untuk anak tunagrahita. Temuan dari penilitian ini menunjukan bahwa sebelum kegiatan guru menggunakan tiga strategi yang diusulkan oleh Nation dan Narbury (2005) dalam mengajar pemahaman membaca untuk anak tunagrahita, seperti strategi bertanya, strategi visual dan kode penghubung . Dalam kegiatan inti, ada tiga strategi yang digunakan guru, seperti guru menggunakan strategi kosa kata dan pengembangan bahasa, membaca nyaring dan strategi visual. . Berdasarkan hasil temuan, penelitian ini merekomendasikan guru Bahasa Inggris mulai mengajarkan membaca dengan materi yang sesungguhnya . Disamping itu, Guru harus lebih banyak memberikan evaluasi untuk memperkaya ilmu pengetahuan anak dan meningkatkan ingatan mereka dalam pemahaman membaca. Akhir kata, peneliti menyarankan untuk peneliti yang akan datang agar melakukan obervasi lebih dari tiga kali untuk mendapatkan lebih banyak strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengajar pemahaman membaca untuk anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58667

Actions (login required)

View Item View Item