Puspitasari, Arum (2013) Developing an interactive e-module for listening as supplementary materials for tenth grade students of Senior High School / Arum Puspitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Puspitasari Arum. 2013. Pengembangan E-Modul untuk Keterampilan Menyimak sebagai Materi Tambahan untuk Siswa Kelas X SMA.Thesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing Prof. H. Ali Saukah M.A. Ph.D. dan Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd. M.A. Ph.D. Key words penelitian dan pengembangan modul elektronik menyimak materi tambahan siswa kelas sepuluh Pembelajaran menyimak memiliki peran yang penting dalam keberhasilan komunikasi. Meskipun dianggap penting keterampilan menyimak hanya mendapatkan porsi yang kecil dalam kurikulum. Sulitnya menemukan materi menyimak di pasaran menjadi permasalahan tersendiri. Kurangnya jam pelajaran yang disediakan untuk pembelajaran menyimak dan rendahnya motivasi siswa justru semakin memperburuk kondisi ini. Oleh karena itu perlu dikembangkan suatu materi menyimak yang digunakan dalam kegitan belajar tambahan di luar kelas untuk membantu siswa melatih keterampilan menyimak mereka. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan Pengembangan (R D) ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Elektronik untuk Menyimak sebagai Materi Tambahan untuk Siswa Kelas X SMA. Materi tersebut kemudian dibuat menjadi lebih menarik dengan bantuan media interaktif yang kemudian dihimpun ke dalam CD. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan bahan menyimak untuk belajar mandiri siswa kelas sepuluh SMA. Materi dikembangkan berdasarkan keterampilan menyimak mikro dan makro yang diusulkan oleh Brown (2007). Materi juga disesuaikan pada tingkat pra-menengah (pre-intermediate). 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1994). Ada delapan langkah yang diadaptasi (1) survei kebutuhan (2) perencanaan (3) pengembangan materi (4) validasi ahli dan guru (5) revisi (6) uji coba lapangan (7) revisi dan (8) penyelesaian produk akhir. Survei kebutuhan dilakukan melalui dua langkah. Langkah pertama adalah wawancara dengan guru bahasa Inggris di SMAN 1 Boyolangu dan SMAN 1 Malang. Langkah kedua dilakukan melalui survei di toko-toko buku besar baik melalui penngecekan langsung maupun melalui pengecekan online. Instrumen dalam survei kebutuhan adalah pedoman wawancara. Data dari survei perlu digunakan sebagai dasar pertimbangan pengembangan materi ajar. Validasi ahli dilakukan dengan tiga ahli yakni ahli materi bahasa dan media. Validasi materi bahasa dan media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dan juga guru bahasa Inggris dengan menggunakan instrumen berupa checklist. Hasil validasi ini kemudian digunakan sebagai dasar perevisian produk sebelum uji coba lapangan. 12288 12288 12288 12288 Uji coba lapangan dilakukan sebanyak tiga kali. Pertama berupa uji coba materi unit 1 dan 2 kedua adalah uji coba materi unit 3 dan 4 ketiga menguji materi unit 5. Hasil dari kuesioner yang diberikan menunjukkan bahwa siswa menyukai materi ajar serta aktivitas yang terdapat di dalam media. Mereka tertarik kemudahan pengoperasian materi ajar dan kegiatan-kegiatan di dalam media yang terdiri dari audio video dan animasi. Data yang diperoleh dari kuesioner juga menunjukkan bahwa materi ajar tersebut membantu siswa untuk meningkatkan prestasi mereka dalam topik tertentu dalam kegiatan menyimak. 12288 12288 12288 12288 Produk akhir materi ajar berupa CD buku panduan siswa dan guru. CD berisi materi yang dapat dengan mudah dioperasikan oleh para siswa. Materi ini dipadukan dengan media interaktif yang membuatnya menjadi lebih menarik. buku panduan guru mengandung penjelasan dari setiap tombol yang digunakan di dalam media naskah materi kunci jawaban dan glosarium. Materi ajar terdiri dari lima topik teks interpersonal dan transaksional untuk semester kedua kelas sepuluh SMA. Topik-topik tersebut antara lain sebagai berikut (1) ungkapan berterimakasih (2) ungkapan pujian dan selamat (3) ungkapan terkejut dan tidak percaya (4) menyampaikan menerima dan menolak undangan dan (5) membuat menyampaikan dan mengakhiri percakapan telefon. Produk yang dikembangkan efektif untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan menyimak siswa.Hal ini diindikasikan oleh hasil yang diperoleh dari data uji coba lapangan. Namun disarankan bagi para peneliti selanjutnya untuk melakukan kajian yang lebih mendalam mengenai keefektifan produk melalui studi eksperimen. Para guru yang akan menggunakan produk ini juga diharapkan mampu memfasilitasi memotivasi dan membantu para siswa ketika mereka mengalami kesulitan dalam penggunaan e-modul.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |