Yavani, Zakky (2013) Improving elementery level 4 student's writing skill through graphic organizer in process writing at LBPP LIA Malang / Zakky Yavani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yavani Zakky. 2012. Improving Elementary Level 4 students writing skill through graphic organizer in process writing at LBPP LIA MALANG. Tesis JurusanPendidikanBahasaInggris Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. MirjamAnugerahwati M.A. (2) Dr. Sri Rachmajanti Dip.TESL M.Pd. Kata kunci kemampuan menulis organisator grafik proses menulis artikelbpersuasif 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penggunaan organisator grafik dalam proses menulis untuk mengatasi masalah siswa level Elementary 4 di Lembaga Bahasa dan Pendidikan Professional (LBPP) LIA Malang periode 2 tahun akademik 2013 dalam menulis artikel persuasif ( membujuk pembaca untuk memiliki gadget ). Penerapan strategy tersebut terbagi menjadi tiga tahap yaitu memberikan model menulis dengan kelas danmenulis secara individu. Proses menulis itu sendiri terdiri dari planning drafting editing dan writing final draft. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Kolaborasi dilakukan dengan kolega peneliti (seorang pengajar Bahasa Inggris) di LBPP LIA Malang. PenelitianTindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning) penerapan (implementation) pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Sementara itu untuk mengukur seberapa jauh penggunaan organisator grafik (graphic organizer) dalam proses menulis dapat menyelesaikan masalah siswa dalam menulis artikel persuasif peneliti memperoleh data dalam bentuk hasil individu artikel persuasive parasiswa partisipasi siswa selama aktivitas dalam kelas menulis dan persepsi positif mereka terhadap penggunaan organisator grafik (graphic organizer) dalam proses menulis. Untuk mendapatkan data-data tersebut peneliti menggunakan beberapa instrumen antaralain panduan penilaian (analytical scoring scale) lembar observasi (observation sheets) catatan lapangan (field notes) prompt menulis dan kuisioner (questionnaire). 12288 12288 12288 12288 Temuan temuan dari penelitian menunjukkan bahwa menggunakan graphic organizer pada proses menulis secara berkesinambungan membantu para siswa meningkatkan kemampuan menulis mereka begitu juga dengan keterlibatan dan persepsi positif mereka terhadap kegiatan menulis. Langakah-langkah dalam mengajar pelajaran menulis adalah sebagai berikut (1) pre-writing/planning (memberikan penjelasan tentang tujuan dan topic dari artikel persuasif menunjukkan dan menjelaskan organisator grafik meminta siswauntuk mencari dan menulis kata-kata atau kalimatkedalam organisator grafik) (2) drafting (menyuruh siswa untuk menulis draft berdasarkan kata-kata atau kalimat yang ada pada organisatorgrafik) (3) revising (membagikan lembar peer editing meminta siswa untuk berpasangan dan mengedit(memperbaiki) draft teman mereka dengan menggunakan lembar peer editing sebagai acuan) (4) membuat final draft (siswa membuat perbaikan berdasarkan saran dari partner mereka). Hasil dari penerapan strategi tersebut menunjukkan bahwa pada Siklus 1 9 siswa (56%) telah meningkat minimal 15 poin sementara pada siklus 2 semua siswa seluruh siswa (100%) telah meningkat minimal 15 poin. Sementara itu prosentase partisipasi keaktifan siswa dalam kegiatan di kelas menulis pada siklus 1 adalah 85% (baik) dan pada siklus 2 prosentase partisipasi mereka mencapai 90% (sangat baik). Namun persepi positif mereka terhadap penerapan strategy pada pelajaran menulis hanya 75% (cukup) pada siklus 1 tetapi persepsi positif mereka telah mencapai 85% (baik) pada siklus 2 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan organisator grafik (graphic oraganizer) dalam proses menulis dapat membantu kemampuan menulis parasiswa terutama dalam menulisa rtikel persuasif. Olehkarenaitu disarankan bagi para guru untuk menerapka nstrategi ini di dalamkelas.Juga bagi peneliti selanjutnya disaran kanuntuk menggunakan kembali strategi ini pada penelitian dimasa mendatang dengan menggunakan tipe organisator grafik (graphic oraganizer) yang berbeda jenis teks yang berbeda atau pada tingkat kemampuan siswa yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58664 |
Actions (login required)
View Item |