Improving the students' skill in writing English abstracts through the Directesd Writing Activity (DWA) at The Accounting Departement, State Polytecnic of Malang / Sigit Budisantoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving the students' skill in writing English abstracts through the Directesd Writing Activity (DWA) at The Accounting Departement, State Polytecnic of Malang / Sigit Budisantoso

Budisantoso, Sigit (2013) Improving the students' skill in writing English abstracts through the Directesd Writing Activity (DWA) at The Accounting Departement, State Polytecnic of Malang / Sigit Budisantoso. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Budisantoso Sigit. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menulis Abstrak Bahasa Inggris Mahasiswa Semester Lima di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang Melalui Aktivitas Menulis Terbimbing. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Rachmajanti DIP TESL M Pd. (2) Fachrurrazy MA Ph D. Kata kunci kemampuan menulis abstrak Bahasa Inggris aktivitas menulis terbimbing. Setiap tahun sekitar 80% mahasiswa di semester lima di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang selalu menghadapi masalah dalam penulisan abstrak Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa semester lima di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang dalam penulisan abstrak Bahasa Inggris melalui metode Akivitas Menulis Terbimbing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Artinya dalam mengimplementasikan strategui pembelajaran peneliti dibantu oleh seorang kolega. Fungsi kolega (kolaborator) dalam penelitian kolaboratif adalah sebagai pemberi nilai kedua untuk menghindari subyektifitas dan sebagai pengamat dalam penilaian lembar pengamatan (observation sheet). Ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data penelitian ini berupa hasil temuan di dalam studi awal (preliminary study) porto folio mahasiswa (students portfolios) hasil observasi (findings of observation sheet). Berdasarkan pada fakta bahwa sebagian besar mahasiswa di kelas 3A Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang masih lemah dalam penulisan abstrak Bahasa Inggris metode pembelajaran Aktivitas Menulis Terbimbing ini dipilih untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis abstrak Bahasa Inggris. Metode pembelajaran ini dipilih karena sebelumnya sudah diimplementasikan di SMPN 13 Tirawuta Sulawesi Selatan dan Madrasah Aliyah Ar-Rahmah Pare Kediri dan berhasil. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa kelas 3A semester 5 Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang. Kelas 3A mempunyai 22 mahasiswa. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah apabila 80% dari jumlah sampel bisa menulis abstrak Bahasa Inggris dengan baik. Pengertian dengan baik di sini adalah apabila nilai rerata mereka dalam empat aspek penulisan abstrak (isi organisasi pemakaian bahasa dan mekanik) lebih baik dari pada nilai rerata mereka di dalam penelitian awal. Di dalam penelitian awal diketahui bahwa nilai rerata mereka atas ke empat aspek dalam abstrak adalah 2 26. Nilai rerata mereka di dalam hasil akhir adalah 2 47. Dengan membandingkan kedua perolehan tersebut diperoleh selisih 0 21. Dilihat dari keseluruhan hasil 82 % mahasiswa bisa menulis lebih baik dari pada sebelum mereka diberi perlakuan dengan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing. Ini artinya strategi pembelajaran yang diimplementasikan di kelas 3A Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang berhasil meningkatkan kemampuan menulis abstrak mahasiswa. Harapan peneliti adalah bahwa strategi ini bisa diimplementasikan oleh pengajar lain yang mempunyai masalah yang sama di kelasnya dan peneliti lain bisa menggunakan subyek penelitian yang lebih lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58662

Actions (login required)

View Item View Item