Developing instructional material for Biology Education Departemen Students of IAIN Raden Intan Lampung / Agus Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing instructional material for Biology Education Departemen Students of IAIN Raden Intan Lampung / Agus Hidayat

Hidayat, Agus (2013) Developing instructional material for Biology Education Departemen Students of IAIN Raden Intan Lampung / Agus Hidayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayat Agus. 2013. Developing Instructional Material for Biology Education Department Students of IAIN Raden Intan Lampung. Thesis. Postgraduate Program in English Language Teaching State University of Malang. Advisors (1) Prof. Dr. Hj. Nur Mukminatien M.Pd. (2) Dr. Enny Irawati M. Pd. Kata Kunci Materi pembelajaran penelitian dan pengembangan. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah menyediakan siswa dan pengajar sebuah materi embelajaran yang sesuai dengan silabus dan kebutuhan siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari prosedur milik Borg dan Gall (1983 775). Prosedur yang diataptasi terdiri dari analisa kebutuhan perencanaan pengembangan materi evaluasi dan revisi uji coba lapangan dan yang terakhir adalah revisi produk akhir. Subyek dari penelitian ini adalah siswa semester keempat jurusan pendidikan Biologi tahun akademik 2012/2013. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara daftar pertanyaan observasi catatan lapangan dan validasi ahli. 12288 12288 12288 12288 Data yang diperoleh dalam analisa kebutuhan menunjukkan 32% atau 39 siswa menjawab daftar pertanyaan yang menyatakan bahwa mereka ingin agar buku pembelajaran fokus pada kemampuan membaca dan 38% atau 46 siswa menyatakan bahwa mereka ingin agar buku pembelajaran fokus pada kemampuan berbicara. Data juga menunjukkan bahwa 79% atau 97 siswa ingin materi didalam buku pembelajaran berhbungan dengan jurusan mereka. Harapan siswa terhadap latihan-latihan di dalam buku pembelajaran bahwa mereka berharap agar latihan yang dimuat bervariasi dan 65% atau 80 siswa berharap agar latihan dibuat dengan menggunaan kalimat yang mudah difahami. Data yang terakhir berhbungan dengan media 100% siswa menjawab bahwa mereka ingin materi pembelajaran memuat media yang berbentuk multimedia. 12288 12288 12288 12288 Data yang diperoleh setelah uji coba lapangan menunjukkan bahwa materi pembelajaran ini sesuai untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Data menunjukkan 78% atau 25 siswa memberikan tanggapan positif bahwa topik dalam materi pembelajaran menarik bagi mereka. Mereka juga menyatakan bahwa mereka merasa tidak asing dengan topik tersebut sehingga dapat membantu mereka memahami pelajaran. Mengenai latihan 72% atau 23 siswa menyatakan bahwa latihan dalam materi pembelajaran dapat membantu mereka memahami pelajaran. Data yang terakjhir adalah media 91% atau 29 siswa menyatakan bahwa mereka merasa tertarik saat media digunakan dalam kegiatan belajar dan mengajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan data yang telah diperoleh materi pembelajaran telah dikembangkan menjadi sepuluh unit. Setiap unit terdiri dari tiga bagian utama yaitu bagian membaca bagian tata bahasa dan bagian berbicara. Bagian tata bahasa di maksudkan agar sesuai dengan isi dari silabus yang memuat materi elajaran tata bahasa. Bagian membaca secara khusus telah dikembangkan agar memuat materi pelajaran Biology dengan menyediakan bahan bacaan Biology beserta latihannya. Bagian berbicara telah dikembangkan agar memuat materi pembelajaran berbicara agar siswa daar mengembangkan kemampuan berbicara. Materi pembelajaran juga memuat latihan-latihan yang beragam berupa latihan tertulis dan oral agar siswa dapar berperan aktif dalam proses belajar dan mengajar. Media yang terdapat dalam materi embelajaran telah dipilih agar dapat membantu siswa belajar dengan menyediakan media berupa multimedia berbentuk video lagu dan dialog dan monolog. Siswa juga dapat mengakses situs-situs internet yang dimuat dalam materi pembelajaran berupa permainan bahasa inggris dan materi tambahan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil dari penelitian diatas beberapa saran bagi dosen bagi ketua jurusan pendidikan Biologi dan kepada peneliti telah dibuat. Bagi para pengajar yang ingin menggunakan buku English for Biology ini sebaiknya memiliki pengetahuan yang berhubungan dengan biologi yang mencukupi oleh sebab itu disarankan kepada para pengajar untuk banyak membaca tentang materi Biologi tersebut. Disarankan kepada ketua jurusan untuk merevisi silabus karena isi dan tujuan dari silabus tersebut tidak sejalan. Dan terakhir bagi peneliti yang ingin melanjutkan penelitian ini untuk mata kuliah bahasa Inggris profesi di semester keenam agar dapat menyesuaikan tingkatan kesulitan dan kerumitan bahasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58654

Actions (login required)

View Item View Item