Developing english coursebook for kindergartners of TK Alam Ar-Rayyan Malang / Tri Kristianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing english coursebook for kindergartners of TK Alam Ar-Rayyan Malang / Tri Kristianti

Kristianti, Tri (2013) Developing english coursebook for kindergartners of TK Alam Ar-Rayyan Malang / Tri Kristianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kristianti Tri. 2013. Developing an English Coursebook for Kindergartners of TK Alam Ar- Rayyan Malang. Thesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Rachmajanti Dip.TESL M.Pd (II) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd M.Ed. Key words buku cetak bahasa Inggris Taman Kanak-Kanak (TK) Bahasa Inggris untuk anak-anak Salah satu media terpenting dalam mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak adalah buku pelajaran. buku pelajaran tersebut harus mempunyai tampilan yang indah dan menarik serta berisi materi yang mampu memenuhi kebutuhan siswa dalam belajar bahasa Inggris. Berdasarkan hasil dari analisa buku pelajaran bahasa Inggris untuk tingkat TK di kota Malang rata-rata buku pelajaran tersebut belum memenuhi kebutuhan siswa akan belajar bahasa Inggris secara tepat. Penelitian ini dilaksanakan untuk menyusun buku bahasa Inggris yang tepat bagi siswa TK berdasarkan silabus yang telah disusun oleh peneliti berpijak pada Pedoman Pengembangan Silabus Taman Kanak-kanak dari Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2010. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan yang diusulkan oleh Borg Gall (1983) untuk menyusun materi buku bahasa Inggris untuk siswa TK. Prosedur yang digunakan terdiri atas 1) Pengumpulan data 2)Pengembangan materi 3) Validasi ahli 4) Perbaikan 1 5)Uji coba 6) Perbaikan 2 7) Produk akhir berupa hasil yang telah direvisi untuk diserahkan kepada guru. Berdasarkan komentar dan saran yang diberikan oleh para ahli hasil produk pengembangan termasuk dalam kategori baik dengan beberapa pertimbangan sebagai berikut tampilan yang menarik dan penuh warna isi materi yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan soal-soal latihan yang tepat untuk siswa tingkat TK. Walaupun hasil produk pengembangan masuk dalam kategori baik namun ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki misalnya pemilihan kata benda/ kosakata pemilihan lagu dan tujuan pembelajaran yang tercantum dalam beberapa bab/ unit. Sehubungan dengan hasil uji coba dilapangan peneliti memutuskan untuk mengadakan perbaikan kedua berdasarkan permasalahan tersebut diatas. Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa saran ditujukan kepada para guru penulis buku cetak penerbit dan para peneliti yang lain. Saran yang pertama ditujukan kepada guru agar dapat memanfaatkan hasil produk pengembangan sebagai sumber pengajaran sebab hasil produk pengembangan tersebut disusun berdasarkan silabus yang berpedoman pada Pedoman Pengembangan Silabus Taman Kanak-kanak dari Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2010. Saran yang kedua ditujukan kepada para penulis buku pelajaran khususnya untuk tingkat anak-anak hasil produk pengembangan dapat digunakan sebagai salah satu rujukan dalam menyusun buku pelajaran tingkat TK. Saran ketiga ditujukan kepada penerbit yang memungkinkan untuk menerbitkan hasil produk pengembangan di masa mendatang. Saran yang terakhir ditujukan kepada para peneliti lainnya yang dapat menggunakan hasil produk pengembangan ini sebagai salah satu rujukan untuk menyusun materi berbahasa Inggris bagi anak-anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58653

Actions (login required)

View Item View Item