Verbal language play of indonesian children in an international elementary school / Deviyanti Rafista - Repositori Universitas Negeri Malang

Verbal language play of indonesian children in an international elementary school / Deviyanti Rafista

Deviyanti, Rafista (2013) Verbal language play of indonesian children in an international elementary school / Deviyanti Rafista. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Deviyanti R. 2013. Verbal Language Play of Indonesian Children in an International Elementary School. Thesis Program Pascasarjana dalam Pengajaran Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (II) Dr. Suharmanto M.Pd. Kata Kunci permainan bahasa pemerolehan bahasa studi kasus anak-anak Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki produksi permainan bahasa secara lisan dari dua anak Indonesia yang sedang belajar di SD internasional Rainbow Junior International School di Bali ketika mereka berinteraksi dengan teman sejawat dan juga dengan guru dalam keadaan yang natural tanpa manipulasi sedikitpun. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana permainan bahasa dapat berfungsi sebagai input bagi anak Indonesia dalam mempelajari bahasa Inggris di SD internasional Rainbow Junior yang merupakan konteks lingkungan yang natural dalam berbahasa asing. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus untuk menyelidiki produksi permainan bahasa secara lisan di setting sekolah. Observasi yang dilakukan meliputi interaksi yang dilakukan oleh subjek dan permainan bahasa yang mereka gunakan ketika mereka berinteraksi dengan teman dan guru. Untuk mengggolongkan permainan bahasa yang di produksi oleh subjek peneliti menggunakan 6 kategori yang diadopsi dari Corbett dan Prelock (2006). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kedua subjek memproduksi cukup banyak permainan bahasa. Permainan bunyi (Phonological play) merupakan permainan bahasa yang paling banyak diproduksi oleh kedua subjek yang diikuti oleh permainan kombinasi (combination play) permainan kata (morphological play) permainan arti (semantic play) dan yang terakhir adalah permainan linguistik (pragmatic play). Ditemukan pula bahwa kedua subjek sama sekali tidak memproduksi permainan struktur kalimat (syntactical play). Produksi permainan bahasa Rosie lebih kaya dibandingkan dengan produksi permainan bahasa Didi. Berdasarkan hasil temuan terdapat beberapa saran bagi orang dewasa dan para peneliti selanjutnya. Orang dewasa disarankan untuk mendukung anak-anak untuk mengeksplor permainan bahasa karena hal itu dapat meningkatkan kemampuan kognitif berbahasa anak dan perkembangan bahasa mereka. Disarankan juga bagi orang dewasa untuk tidak mengkoreksi terus-terusan ketika anak memproduksi bahasa atau kata-kata yang tidak familiar. Yang terakhir untuk para peneliti selanjutnya disarankan untuk mengamati anak-anak dalam memproduksi permainan bahasa di konteks sekolah dan rumah untuk mendapatkan data yang lebih dalam dan kaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58652

Actions (login required)

View Item View Item