Misa, Mikhael (2013) The use of guided metacognitive strategy to improve students' reading comprehension of the English Departemen at University of Timor / Mikhael Misa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Misa Mikhael. 2013. The Use of Guided Metacognitive Strategy to Improve Students Reading Comprehension the English Department at University of Timor. Thesis Magister Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Nur Mukminatien M.Pd. (2) Dr. Sri Rachmajanti DIP TESL M.Pd. Kata Kunci Metacognitive strategy pemahaman membaca teks eksposisi analitis 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca dengan menggunakan strategi metakognitif yang meliputi perencanaan monitoring dan evaluasi. 12288 12288 12288 12288 Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif (CAR) dengan proses siklus yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester II Program Studi Bahasa Inggris di Universitas Timor pada tahun akademik 2012/2013 yang terdiri dari 29 siswa 10 laki-laki dan 19 perempuan. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman bacaan lembar observasi catatan lapangan dan pedoman wawancara selama proses belajar mengajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus. Siklus tindakan kelas terdiri dari empat pertemuan setiap pertemuan selalu menjalani tes setelah menerapkan strategi. Data yang diperoleh dari lembar observasi dan catatan lapangan yang dilakukan oleh kolaborator selama pelaksanaan tindakan. Pelaksanaan dan proses bagaimana guru membimbing siswa dalam proses strategi metakognitif belajar mengajar dalam tiga tahap instruksi mencakup kegiatan pra-membaca (perencanaan) kegiatan utama (monitoring dan evaluasi) dan kegiatan akhir. 12288 12288 12288 12288 Temuan menunjukkan bahwa rata-rata skor pemahaman membaca siswa dari pertemuan pertama adalah 69.48% pertemuan kedua 83 48% pertemuan ketiga adalah 86.45% dan pertemuan keempat adalah 84 17%. Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan dalam perencanaan tindakan adalah 76 00. Ini telah dicapai sukses dalam tes setelah tindakan. Hal ini membuktikan bahwa strategi metakognitif benar-benar berhasil dalam meningkatkan keterampilan pemahaman siswa dalam membaca dan memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi topik ide utama dan ide pendukung teks. 12288 12288 12288 12288 Berikut ini beberapa saran untuk guru bahasa Inggris dan peneliti lain yang dibuat sebagai berikut.Untuk guru bahasa Inggris yang memiliki masalah yang sama dianjurkan bahwa mereka menerapkan strategi metakognitif sebagai salah satu alternatif yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Bagi para peneliti lain temuan penelitian ini dapat menjadi referensi yang baik ketika mereka ingin melakukan penelitian serupa. Pertama pelaksanaan strategi metakognitif dapat digunakan untuk mengajar tidak hanya analitis eksposisi teks tetapi juga untuk jenis teks lain. Hal ini juga disarankan untuk melakukan penelitian yang sama tentang pelaksanaan strategi metacognitve dalam mengajar membaca pemahaman dengan setting dan subyek yang berbeda dalam peningkatan kemampuan membaca siswa pada tingkat studi lainnya untuk melihat apakah strategi metakognitif berlaku dan sukses dalam meningkatkan prestasi membaca pemahaman siswa. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58651 |
Actions (login required)
View Item |