The effectiveness of using metacognitive strategies in listening comprehension of English Departemen students at IAIN Antasari Banjarmasin / Hidayah Nor - Repositori Universitas Negeri Malang

The effectiveness of using metacognitive strategies in listening comprehension of English Departemen students at IAIN Antasari Banjarmasin / Hidayah Nor

Nor, Hidayah (2013) The effectiveness of using metacognitive strategies in listening comprehension of English Departemen students at IAIN Antasari Banjarmasin / Hidayah Nor. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nor Hidayah. 2013. Efektifitas Penggunaan Strategi Metakognitif dalam Keterampilan Menyimak pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Antasari Banjarmasin. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Dr. Suharmanto M.Pd. (II) Drs. Fachrurrazy M.A. Ph.D. Kata Kunci Strategi Metakognitif Keterampilan Menyimak Efektifitas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari penggunaan strategi metakognitif dalam pengajaran Keterampilan Menyimak pada mata kuliah Intermediate Listening untuk membantu mahasiswa meningkatkan nilai menyimak mereka yang dipercaya lebih efektif daripada strategi yang biasanya dipakai oleh dosen mata kuliah tersebut. Peneliti telah memilih penelitian Semu Eksperimen yang dilakukan selama 7 kali pertemuan termasuk tes awal perlakuan dan tes akhir. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester empat jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Antasari Banjarmasin tahun akademik 2012/2013. Dua kelas telah dipilih sebagai subyek penelitian. Satu kelas sebagai kelompok eksperimen terdiri dari 35 siswa dan kelas lainnya sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 34 siswa. Jumlah keseluruhannya ada 69 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data adalah tes keterampilan menyimak yang terdiri dari 30 item tes dalam bentuk pilihan ganda jawaban singkat memberi nomor terhadap item soal dan memilih informasi yang benar dari soal yang mereka dengarkan. Setiap item tes dianggap sah berdasarkan konten pengujian dan representasi dari bahan yang diuji dengan menggunakan validitas konten. Temuan ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes awal dari kelompok eksperimen adalah 70.31 dan 69.27 untuk kelompok kontrol. Dan nilai rata-rata dari tes akhir untuk kelompok eksperimen adalah 88.51 dan 77.50 untuk kelompok kontrol. Berdasarkan Uji t sample bebas dengan bantuan program SPSS 20.0 ditemukan bahwa nilai t dari tes akhir adalah 3.946 yang lebih tinggi daripada nilai t kritis untuk df 65 tingkat signifikansi 0.05 (95% kepercayaan) one-tailed (1.6645). Yang berarti bahwa ada perbedaan yang nyata dalam kemampuan Keterampilan Menyimak dari siswa yang diajarkan untuk menggunakan strategi Metakognisi dan siswa yang diajar dengan strategi biasa. Berdasarkan penjelasan tersebut dipastikan bahwa perlakuan berbeda pada kedua kelompok memberikan perbedaan hasil yang nyata pada kemampuan siswa dalam Keterampilan Menyimak. Oleh karena itu hipotesis Nol ditolak. Dengan demikian temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi Metakognisi efektif digunakan dalam mengajarkan Keterampilan Menyimak. Jadi peneliti menyarankan penggunaan strategi Metakognisi dalam pengajaran dan pembelajaran Keterampilan Menyimak di tingkat perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58650

Actions (login required)

View Item View Item