Pengembangan media kartu kata untuk melatih keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Wonokerto 01 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Roza Tiya Andhini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media kartu kata untuk melatih keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Wonokerto 01 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Roza Tiya Andhini

Andhini, Roza Tiya (2015) Pengembangan media kartu kata untuk melatih keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Wonokerto 01 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Roza Tiya Andhini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Andhini Roza Tiya. 2015. Pengembangan Media Kartu Kata untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN Wonokerto 01 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Rumidjan M.Pd. (2) Dra. Siti Umayaroh S.Pd M.Pd Kata kunci pengembangan media kartu kata membaca permulaan SD. Hasil wawancara dan observasi pada guru kelas1 SDN Wonokerto 1 bahwa (1) siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran hal ini disebabkan karena siswa kurang siap menerima pembelajaran kurangnya interaksi dengan guru (2) pemilihan dan penggunaan strategi pendekatan serta metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru kurang sesuai serta guru tidak menggunakan media alat peraga sehingga siswa cenderung terasa membosankan dan kurang termotivasi. Berdasarkan observasi tersebut maka peneliti ingin membuat pembelajaran berbeda dengan sebelumnya yaitu menggunakan media kartu kata. Media pembelajaran dapat diartikan suatu alat perantara untuk mempermudah pembelajaran. Media kartu kata ini dapat digunakan untuk melatih keterampilan membaca permulaan yang menyenangkan karena selain belajar siswa juga bermain dengan macam-macam kartu kata yang berwarna-warni untuk menarik perhatian siswa. Sebelum media kartu kata ini diuji cobakan di SD penelitian ini dirancang menggunakan penelitian pengembangan yang harus divalidasi terlebih dahulu oleh para ahli untuk mengetahui tingkat kevalidan produk yang dikembangkan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Wonokerto 1 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang sejumlah 28 siswa.Tahap penelitian ini (1) Penelitian dan pengumpulan informasi (2) Perancangan produk awal (3) Evaluasi ahli (4)Revisi hasil validasi (5) Uji coba produk (6) Revisi akhir hasil uji coba. Berdasarkan validasi dari ahli diperoleh data sebagai berikut (1)Ahli media 80 59% (2) Ahli materi 84 55% (3) Ahli pengguna 92 30%. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh data sebagai berikut (1) Kesenangan 100% (2) Keamanan 100% (3) Kemudahan 100% (4) Aspek bahasa 96 87%. Berdasarkan uji coba kelompok besar diperoleh data sebagai berikut (1) Kesenangan 94% (2) Keamanan 100%(3) Kemudahan 94% (4) Aspek bahasa 97 18%. Berdasarkan data yang telah diperoleh di atas maka produk media kartu kata ini dapat digunakan tanpa revisi sebagai salah satu alternatif pembelajaran pembelajaran Bahasa Indonesia untuk melatih keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5865

Actions (login required)

View Item View Item