The use of videocast in improving the speaking ability of the third semester students of English Department at Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif (STAI Ma'arif) Metro Lampung / Satria Adi Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

The use of videocast in improving the speaking ability of the third semester students of English Department at Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif (STAI Ma'arif) Metro Lampung / Satria Adi Pradana

Pradana, Satria Adi (2013) The use of videocast in improving the speaking ability of the third semester students of English Department at Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif (STAI Ma'arif) Metro Lampung / Satria Adi Pradana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Satria Adi Pradana. 2013. Penggunaan Videocast dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Semester Ketiga Jurusan Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Agama Islam Ma arif (Stai Ma arif) Metro Lampung. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Mohammad Adnan Latief M.A. Ph.D. (2) Dr. Enny Irawati M.Pd. Kata kunci Videocast keterampilan berbicara STAIM Metro-Lampung Perkembangan teknologi pada masa ini yang telah memberikan pengaruh yang besar kepada para guru Bahasa Inggris dan siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar. Mengingat akan pentingnya penggunaan teknologi sebagai alat bantu pengajaran dan pembelajaran Videocast diusulkan untuk memecahkan beberapa masalah yang dihadapi dalam pengajaran keterampilan berbicara. Penelitian pendahuluan yang dilakukan di STAIM Metro Lampung menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara seperti merespon penguasaan tata bahasa banyaknya kosakata kelancaran dalam berbicara dan keterampilan dalam pengucapan masih jauh dari apa yang diharapkan oleh tujuan kurikulum. Untuk mengatasi masalah ini peneliti menggunakan Videocast sebagai media pembelajaran dengan menerapkan tiga langkah dalam pengajaran berbicara yaitu pre-speaking whilst-speaking and post-speaking activities. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan dimana peneliti dan kolega bekerja sama dalam melaksanakan tindakan mengamati tindakan dan membuat refleksi penelitian. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester ketiga jurusan Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Agama Islam Ma arif (STAIM) Metro pada tahun akademik 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus(4 pertemuan) dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning) pelaksanaan (implementation) observasi (observation) dan refleksi (reflection). Instrumen pengumpulan data penelitian meliputi tes (test) catatan lapangan (field notes) lembar observasi (observation sheets) dan kuesioner (questionnaire). Temuan penelitian diklasifikasikan dalam peningkatan nilai siswa dan tahapan dalam pengajaran yang meningkatkan sikap positif siswa terhadap pembelajaran. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada peningkatan nilai hasil test keterampilan berbicara siswa dari studi pendahuluan dan nilai setelah pelaksanaan pengajaran berbicara menggunakan Videocast dalam siklus pertama. Skor rata-rata siswa dalam studi pendahuluan adalah 60 03 sedangkan skor rata-rata di akhir pelaksanaan penelitian ini adalah 72. Secara lebih rinci 20 dari 20 mahasiswa (100%) mendapat skor lebih dari atau sama dengan 60 di akhir penelitian sementara dalam penelitian pendahuluan hanya 11 dari 20 mahasiswa (55%) mendapat skor yang lebih atau sama dengan 60. Setelah penerapan Videocast di kelas diterapkan maka diharapkan bahwa seluruh siswa mendapatkan nilai skor yang sama dengan 60 atau lebih (C ). Mempertimbangkan bahwa kelas yang diambil adalah kelas heterogen yang berarti adanya klasifikasi tingkat kemampuan dan keterampilan siswa walaupun demikian kriteria kesuksesan tetap dibuat 100%. Ditetapkan bahwa untuk Speaking III nilai untuk 55-59 adalah (C) diikuti dengan 60-64 (C ). Hasil temuan menunjukan bahwa 100% siswa mendapatkan nilai yang sama bahkan lebih dari 60 pada siklus pertama. Aktifitas dalam pre-speaking dengan menggunakan media Videocast adalah memberikan penjelasan tentang tujuan dan tugas yang akan dilaksanakan memperlihatkan Video dalam tayangan meminta siswa untuk menemukan beberapa kosakata penting melakukan brainstorming tentang topik yang diajarkan mengelompokkan siswa dalam beberapa kelompok dan memberikan model ekspresi. Dalam whilst-speaking meliputi aktifitas meminta siswa untuk mementaskan peran yang ada didalam videocast siswa dapat mengubah ataupun tetap memakai adegan dalam video aslinya . Kegiatan post-speaking dilakukan dengan membahas grammar/tata bahasa yang digunakan dalam materi pembelajaran dan kemudian siswa memberikan tanggapannya. Selain itu temuan juga menunjukkan bahwa siswa menunjukkan sikap yang positif dan juga mereka secara aktif terlibat dalam proses pengajaran berbicara menggunakan Videocast. Penelitian ini sukses dan tidak perlu melakukan siklus berikutnya. Berdasar temuan ini berikut beberapa saran yang ditujukan kepada para guru Bahasa Inggris dan untuk peneliti selanjutnya. Guru bahasa Inggris disarankan untuk mengajarkan keterampilan berbicara menggunakan Videocast. Media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai kegiatan berbicara secara intensif maupun ekstensif untuk lebih mempertahankan pesan yang didapat. Selain itu durasi pemutaran Videocast hendaknya dibuat sesuai dengan tingkat keterampilan siswa dan waktu yang tersedia. Peneliti lebih lanjut dapat melakukan penelitian lebih intensif dengan mengembangkan bahan ajar Videocast yang di-download melalui Internet dengan mempertimbangkan tingkat keterampilan siswa dan kepentingan mereka dengan menggunakan desain penelitian yang berbeda seperti desain Penelitian dan Pengembangan (R D). Para peneliti selanjutnya dimungkan untuk mengembangkan riset mereka mengenai penggunaan Videocast secara terpadu. Selain itu salah satu fasilitas Videocast adalah siswa dapat merekam dan memasukan data diri mereka dalam bentuk video agar dapat memberikan akses bagi siswa lain melalui Internet dengan mengunakan blog tersendiri ataupun situs yang khusus untuk pembelajaran dalam dunia maya. Para peneliti disarankan untuk mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan sistem perekam Videocast di Internet untuk menyediakan topic ataupun issue yang lebih baik agar dapat meningkatkan minat siswa dan keterampilan berbicara (speaking skill) mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58648

Actions (login required)

View Item View Item